Kamis, 25 November 2021

Bupati Fauzan Sukses Dorong Anak Muda Lobar Ciptakan Inovasi dan Menjadi Terbaik di Indonesia

 


Lombok Barat - Bupati Lombok Barat H. Fauzan Khalid memang memiliki tangan dingin dalam membimbing dan memotivasi anak muda Lombok Barat untuk terus berinovasi. Setelah sukses memotivasi pemuda untuk membesarkan UMKM, Bupati dua periode ini sukses memotivasi dan membimbing pemuda Lombok Barat untuk menciptakan alat Roasting Coffe Otomatis berbasis android. Penemuan ini merupakan yang pertama di Indonesia. 


Saat ditemui di Gerung, Lombok Barat, Rabu, 24 November 2021, Fauzan Khalid mengatakan bahwa dirinya memiliki komitmen yang serius dalam mendorong anak muda untuk berkreasi. Pihaknya mendorong para pemuda untuk menciptakan berbagai inovasi saat perkembangan teknologi terus bergerak maju. Ia meminta para pemuda untuk bergerak cepat dalam menciptakan inovasi. Hal ini sebagai jalan untuk mengarahkan pemuda untuk lebih produktif. "Kami memiliki komitmen untuk mendorong pemuda lebih produktif dan inovatif pada masa perkembangan teknologi saat ini" ujar Fauzan. 


Salah satu yang berhasil di dorong oleh pemkab Lobar dalam mewujudkan inovasi spektakuler adalah Idham dan Dodi Ari Wibowo pegiat komunitas kopi yang berhasil menemukan mesin roasting coffe berbasis andriod robotik otomatis. Mesin dengan teknologi 4.0 ini merupakan yang pertama di Indonesia. Dalam kompetisi Internet of Things yang diselenggarakan oleh Kementerian Kominfo beberapa waktu lalu, mesin ini memperoleh penghargaan dan menjadi juara pertama dalam kompetisi tersebut. Bupati Lombok Barat H. Fauzan Khalid menyambut hal ini karena merupakan inovasi anak muda Lombok Barat yang sangat luar biasa. Anak muda dibawah binaan Dinas Perdagangan dan Perindustrian Lombok Barat ini telah membuktikan bahwa anak muda lombok barat bisa mewujudkan industrialisasi berbasis digital dan robotic. Hal ini merupakan yang pertama di  Indonesia. "Kami bangga anak muda Lombok Barat yang telah kami bina melalui Dinas Perindag berhasil membuat mesin roasting kopi berbasis android dan robotic pertama di indonesia. Ini karya yang luar biasa menuju industrialisasi" ujarnya.



Beberapa waktu lalu anak Muda Lombok Barat yang tergabung dalam tim TTG Internet Of Things menciptakan inovasi baru dan pertama di Indonesia. Kolaborasi sejumlah Anak muda Lombok Barat berhasil menciptakan Mesin Roasting Coffe berbasis Android Robotic Pertama di Indonesia. Mesin pengolah kopi ini dikendalikan menggunakan HP android dan dengan sistem robotic. 


Menurut Idham anak muda Lombok Barat yang merupakan  IoT (Internet of Things) Maker binaan Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Lombok Barat mengatakan bahwa ia berkolaborasi dengan anak muda lainnya yang bergerak dalam usaha kopi menciptakan mesin ini untuk mempermudah para pengusaha kopi dalam melakukan roasting kopi. Menurutnya mesin ini sangat efektif dan efisien dalam mengolah kopi sehingga pengusaha kopi tidak lagi mengolah dengan mesin manual. "Mesin ini bisa dikendalikan dari Hp Android dan dengan sistem robotic automatic serta internet tentu para pengusaha tidak sulit lagi dalam mengolah kopi" ujarnya.  Idham mengatakan mesin ini merupakan yang pertama di indonesia serta terlengkap dengan sistem robotic. Untuk mengolah kopi sangatlah mudah dengan menggunakan mesin ini. 


Sementara itu Dodik Adi Wibowo pengusaha kopi di Lombok mengatakan bahwa mesin ini sangatlah membantu serta efisien bagi pengusaha kopi. Dengan adanya mesin ini pengusaha kopi tidak perlu lagi untuk khawatir rasa kopi yang diolah berbeda beda. Menurutnya dengan mesin ini rasa kopinya akan tetap konsisten karena mesin ini bisa melakukan penyesuaian suhu dalam pengolahan kopi. "Kita tidak perlu khawatir rasa kopinya beda, karena mesin ini secara otomatis dapat mengatur suhu sehingga rasa kopi tetap terjaga dan konsisten dari awal hingga akhir" ujarnya.(red) 

Lorem ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.