Kamis, 25 Februari 2021

Kasta : Kami Miris Kinerja Kadis Asli Lobar

 


Lombok Barat - Keberhasilan Pembangunan  di suatu daerah di tentukan oleh jalannya roda organisasi perangkat daerahnya. Semakin baik dan bagus kinerja organisasi perangkat daerah maka pembangunan akan semakin baik dan maju. Hal ini disampaikan oleh Ketua Kasta NTB DPD Lobar, Aldy Menurutnya kondisi organisasi perangkat daerah di Lombok Barat tidak terlalu baik dan tidak memuaskan. Hal ini lantaran kinerja kepala dinas yang tidak dapat berlari dengan cepat dan tidak dapat mengorganisir program programnya dengan baik.

Ketua Kasta NTB DPD Lobar, Aldy menyoroti kinerja sejumlah kepala dinas di Lombok Barat saat ini yang kinerjanya tidak baik dan cenderung bermasalah. Menurutnya hal ini sangat tidak baik dalam menopang visi dan misi Bupati Fauzan Khalid dan Wakil Bupati Hj Sumiatun. 

"Kami prihatin dengan kinerja kepala dinas saat ini yang tidak dapat menjalankan program pembangunan dengan baik. Tentu ini menjadi kendala bagi bupati dan wakil bupati dalam mewujudkan visi dan misinya" ujarnya.

Ironisnya Kepala Dinas yang memiliki kinerja buruk dan bermasalah tersebut adalah kadis yang merupakan putra daerah asli Lombok Barat. Ia mencontohkan Kepala Dinas Pertanian yang tidak dapat meningkatkan produktifitas petani dan tidak dapat menjaga lahan untuk pertanian. Selain itu kadis Perhubungan, kadis Pariwisata, kadis Perindag dan Asisten 1 (mantan kadis perindag) yang memiliki proyek bermasalah dan saat ini ditangani oleh APH. Kemudian Kepala Bappeda yang tidak dapat mensinkronkan batas batas wilayah untuk pemekaran desa. 

"Kami bangga ada kadis yang putra daerah namun tidak bisa bekerja baik dan kinerjanya buruk bahkan bermasalah. Ini miris dan perlu dilakukan evaluasi" ujarnya.

Sementara itu selain melakukan pengamatan terhadap Kepala Dinas yang berkinerja buruk, ia juga melakukan pengamatan terhadap kadis yang memiliki kinerja baik dan memuaskan publik. Beberapa dinas yang memiliki kinerja positif tersebut seperti Dinas Pekerjaan Umum, Dinas Perumahan dan Pemukiman, Dinas Koperasi dan UMK, Dinas Pemuda dan Olah Raga. Menurutnya dinas dinas ini memiliki kinerja yang positif dan memuaskan publik. Hal ini tentu menjadi catatan bagi Bupati dan Wakil Bupati. Namun ironisnya beberapa dinas tersebut Kepala Dinasnya berasal dari Luar Lombok Barat. 

"Fenomena ini cukup aneh, kadis yang dari lobar kinerjanya buruk sedangkan yang dari Luar Lobar Kinerjanya bagus. Apakah yang dari Lobar tidak merasa memiliki Lombok Barat ataukah yang dari luar Lobar lebih loyal" tanyanya.

Ia memaparkan bahwa kinerja dinas Pekerjaan Umum dan Dinas Perumahan dan Pemukiman Dinas Pemuda dan Olah Raga serta Dinas Koperasi dan UKM sangat stabil dan memiliki trand positif. Karena pembangunan yang dilakukan tiga dinas ini cukup baik dan dapat memiliki efek positif dalam upaya mengurangi kemiskinan di Lombok Barat. 

" Kepala Dinas Perkim H.L Winengan, I Made Artadana, Maad Adnan dan Fajar Taufiq patut mendapat apreasiasi atas kinerja mereka saat ini" ujarnya.(red)

Lorem ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.