Header Ads

ads header

Narmada Solidarity Kembali Bangun Rumah Buat Warga Yang Tidak Mampu

 



Lombok Barat- Setelah beberapa bulan lalu Komunitas ini membangun rumah untuk warga. Sabtu kemarin (11/10) Komunitas ini baru menyelesaikan pembangunan rumah yang keempat untuk warga masyarakat kurang mampu yang ada di Kecamatan Narmada Kabupaten Lombok Barat, tepatnya di Dusun Nyurlembang Desa Nyurlembang Kecamatan Narmada.

Rumah baru selesai dibangun yaitu rumah milik nenek Sumi (60). Rumah ini dibangun dengan biaya dari bantuan para donatur yang dihimpun oleh anggota komunitas. Sebagai bentuk rasa syukur, dilakukan doa bersama untuk pemilik rumah dan anggota komunitas sebelum ditempati.

Sumi, pemilik rumah mengaku sangat bersyukur dengan diberikan bantuan berupa pembagunan rumah miliknya yang luasnya sekitar 2X3 meter persegi." Alhamdulillah rumah saya diperbaiki," ujarnya saat ditemui kemarin.

Ia menuturkan, sebelum diperbaiki rumahnya kondisi rumahnya sangat memperihatinkan, hanya beratapkan seng bekas tanpa lantai dan temboknya dari bedek."Pokoknya sangat tidak layak rumah saya," ungkapnya

Selama ini ia tinggal bersama dengan anaknya, untuk memenuhi kebutuhan hidup, Sumi bekerja serabutan, tidak jelas, kadang mengumpulkan barang bekas, kadang melayani pijat kepada masyarakat sekitar." Tidak tentu pekerjaan saya, yang penting ada untuk kebutuhan sehari-hari," imbuhnya.

Sementara itu, Kordinator Komunitas Narmada Solidarity,  Agus Sukarna mengungkapkan, rumah ibu Sumi dikerjakan kurang lebih selama satu Minggu semua biaya pembangunan berasal dari para donatur." Rumah ini kami bangun selama satu pekan, semua biaya dari donatur," tuturnya.

Narmada Solidarity,  kegiatan pembangunan rumah yang dilakukan komunitas ini untuk yang keenam kalinya. Terdiri dari empat unit rumah dan dua unit rumah ibadah.  Kegiatan sosial yang dilakukan oleh komunitas ini sudah dilakukan sejak tahun 2018 lalu, saat usai bencana gempa melanda Lombok Barat dua tahun lalu.

" Sejak saat itu kita aktif melakukan kegiatannya sosial, kita mulai lakukan gerakan ini sejak gempa dulu," ungkapnya.

Sementara itu Plt Camat Narmada M Busyairi memberikan apresiasi terhadap kiprah yang dilakukan oleh komunitas Narmada Solidarity ini, karena memang keberadaan bantuan untuk Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) di Kecamatan Narmada masih terbatas dari pemerintah, Sehingga sangat diperlukan kehadiran para komunitas seperti yang dilakukan oleh komunitas Narmada Solidarity." Sangat kami apresiasi apa yang sudah dilakukan oleh komunitas Narmada Solidarity yang membangun rumah untuk warga kurang mampu di Kecamatan Narmada," ungkap PLT Camat saat hadir kemarin.


Kedepannya apa yang dilakukan oleh komunitas ini sangat membantu pemerintah, Kareena program  pemerintah tidak bisa mencaver semua masyarakat yang rumahnya tidak layak. Kedepannya Pemerintah bisa bersinergi dengan Komunitas untuk melakukan hal yang sama, agar lebih banyak yang bisa tercover. Kedepannya kita dorong agar ada legalitas dari Komunitas ini, sehingga akan mampu meningkatkan kepercayaan diri para donatur yang menyalurkan donasi mereka sehingga lebih banyak masyarakat mendapatkan bantuan." Komunitas seperti ini langsung turun ke masyarakat, yang mereka lakukan tepat sasaran langsung menjangkau masyarakat," ujarnya.(red)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.