Header Ads

ads header

Zikir dan Doa di Masing-masing Rumah, Desa Babussalam Lakukan Isolasi Lokal Mandiri Hingga Dusun


Lombok Barat - Pemerintah desa Babussalam kecamatan Gerung Lombok barat melakukan gerakan isolasi mandiri kewilayahan terbatas mulai Jum'at malam (10/4) kemarin, guna mencegah penyebaran virus Corona. Dimana gerakan isolasi lokal mandiri yang dilakukan hingga dusun-dusun di desa setempat sebagai  tindaklanjut dari imbauan kecamatan dan Pemda, setelah sebelumnya dua kelurahan di daerah ibu kota ini melakukan langkah yang sama. Pemdes Babusslam melakukan gerakan bersama isolasi mandiri dengan tujuan agar semua masyarakat di wilayah Lobar memiliki kesadaran yang sama sebagai langkah cegah terhadap wabah virus ini. Apalagi saya ini, Lobar dinyatakan zona merah Corona menyusul dua warga positif covid-19.  

Isolasi mandiri kewilayahan terbatas dilakukan di Desa Babussalam dengan menutup akses masuk ke desa setempat. Pihak Desa melibatkan unsur terkait seperti tim Forkopimcam terdiri dari Camat Gerung, Danramil Gerung, Kapolsek, unsur BPD dan masyarakat. Saat isolasi dimulai jam 20.00 pun, camat Gerung H Mulyadi, Kapolsek dan Danramil Gerung serta Kades pun turun langsung memimpin jalannya isolasi akses jalan. Warga yang lalu lalang diminta kembali, demikian pula pedagang yang berjualan diimbau tutup. Sehingga kondisi di wilayah itu pun mendadak sepi. Arus lalu lintas lengang, tidak seperti biasanya. 

Kepala Desa Babussalam, M Zaini mengatakan gerakan isolasi lokal mandiri yang dilakukan pihaknya sebagai tindaklanjut dari pihak kecamatan. Pelaksanaan isolasi ini berlangsung selama dua malam, mulai malam ini (malam Sabut red) dan Minggu besok. Tujuannya selain upaya memutus rantai penyebaran virus Corona, pihaknya juga ingin agar masyarakat teratur. Tidak banyak bergadang dan menerapkan pola hidup sehat dan bersih sebab itu salah satu penangkal Corona. Isolasi mandiri ini dilakukan pemberlakuan jam malam. "Ini gerakan isolasi mandiri kewilayahan terbatas kami lakukan, ditindaklanjuti oleh masing-masing dusun-dusun,gang-gang dijaga,"jelas dia. Sebelum dilakukan isolasi, pihaknya sudah mempermaklumkan warga danPengguna jalan. Isolasi mandiri juga diisi dengan zikir dan doa bermunajat kepada Allah SWT agar dijauhkan dari musibah covid 19.  Tokoh agama juga menyerukan kepada seluruh warga untuk mengikuti imbauan pemerintah, tentang perilaku hidup sehat dan bersih.

Pihaknya akan berusaha konsisten melaksanakan isolasi mandiri ini agar menjadi gerakan bersama masyarakat. Diharapkan tidak saja di desanya namun menyeluruh di wilayah Lobar dalam upaya pencegahan. Camat Gerung H Mulyadi mengatakan bahwa isolasi mandiri kewilayahan ini usulan dari masyarakat untuk mencegah Corona. "Di kecamatan Gerung ini sudah beberapa Desa akan melakukan hal yang sama (isolasi mandiri) seperti Tempos, taman ayu,"ujar dia. Ia berharap agar isolasi mandiri dilakukan masiv hingga tingkat dusun. 

Kapolsek Gerung, Iptu Syaripudin Zuhri mengatakan, pihaknya membackup kegiatan isolasi mandiri kewilayahan terbatas yang diinisiasi oleh kades. Forkopimcam menindaklanjuti usulan desa, "kami harapkan kegiatan ini tidak saja malam hari namun siang hari juga. Kami dari personel dan taktis backup,"ujar dia. Pihaknya mengedepankan cara-cara humanis, sekaligus memberikan edukasi kepada masyarakat terkait Corona. Menurutnya langkah ini juga lanjutan dari isolasi mandiri di dua kelurahan di Gerung. Pihaknya pun berharap agar diterapkan isolasi mendiri di seluruh wilayah Gerung. (Red)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.