Header Ads

ads header

Tanggap Corona, Dikes Lobar Lakukan Penyemprotan Disinfektan


seputarlombok.com | Lombok Barat - Dinas Kesehatan (Dikes) Kabupaten Lombok Barat (Lobar) melakukan penyemprotan disinfektan sebagai pencegahan dan penanggulangan virus corona (Covid-19) di lingkungan Pemkab Lombok Barat, Kamis, (19/3).

Kepala seksi Pencegahan Penyakit Menular Dikes Lobar I Made Santiane yang sedang memimpin tim penyemprotan menyebutkan jika penyemprotan diharapkan bisa membunuh virus covid-19 di tempat-tempat tertentu. 

"Ini diharapkan bisa membunuh virus penyebab penyakit Covid-19, dan rencana sekarang kita mulai dari pendopo dulu, nanti ke kantor bupati lalu kita prioritaskan ke tempat-tempat umum yang sering dikunjungi masyarakat, kita sudah ada jadwalnya," jelasnya. 

Untuk bahan penyemprotan sendiri dijelaskan Made cukup sederhana dan mudah didapat. 

"Ini bahannya itu kita gunakan cairan clorin dicampur air, dengan perbandingan 1:9, itu bahan paling sederhana yang bisa kita dapatkan di pasaran," lanjutnya. 

Untuk diketahui, kandungan cairan Klorin bisa didapatkan pada bahan pemutih pakaian seperti Bayclin dan dicampurkan dengan air, 1 liter klorin dapat dicampur dengan 9 liter air. 

Melihat bahan yang digunakan cukup sederhana dan mudah didapat, Made juga mengungkapkan jika penyemprotan bisa dilakukan secara mandiri oleh masyarakat, namun tetap memakai Alat Pelindung Diri (APD) seperti masker, sarung tangan dan kacamata untuk menghindari kontak langsung dengan cairan klorin yang mengandung zat yang bisa membahayakan mata, kulit dan sistem pernapasan. 

Walaupun penyemprotan bisa dilakukan secara mandiri, dikes juga tetap berencana akan turun ke masyarakat untuk melakukan penyemprotan. 

"Kita juga nanti akan ke masjid-masjid, dan untuk ke perumahan masyarakat, nanti kita harapkan bisa berkoordinasi dengan instansi-instansi terkait namun tetap dalam pengawasan dikes," tukas Made.(rd)

No comments

Powered by Blogger.