Header Ads

ads header

Polres Lobar Amankan Empat Spesialis Pembobol ATM Antar Provinsi


Lombok Barat - Polres Lombok Barat (Lobar) berhasil mengamankan empat tersangka spesialis pembobol ATM antar provinsi. Yang dimana ratusan juta rupiah berhasil digasak dari belasan ATM milik korbannya. Modus operandinya pun sangat tersistematis.
“Informasi sementara para pelaku pembobol bank ini melakukan aksinya di beberapa provinsi yang ada di wilayah Indonesia,” papar Kapolres Lobar AKBP Bagus S Wibowo saat preskonfren di Mapolres Lobar, kemarin.
Para pelaku yang diamankan pada 4 Maret lalu, itu berasal dari kawasan Jawa dan Sumatera. Inisial pelaku, JA, SA, RO dan AK. Serta terdapat satu orang lagi pelaku perempuan yang masuk Daftar Pencarian Orang (DPO).
“Seorang perempuan masih DPO namun sudah kita indentifikasi Namanya, dan sampai saat ini kita masih melakukan pengejaran,” jelasnya. 
Dalam melancarkan aksinya para pelaku memiliki tugas dan peran masing-masing. Mulai dari yang bertugas memasang alat khusus lubang kartu ATM. Sehingga pada saat korban memasukan kartu ATM-nya seakan tertelan dan tidak bisa diambil. Barulah pelaku lain bertugas menjadi nasabah masuk dan meyakinkan korbanya menelpon nomor call center palsu yang ditempel di mesin ATM.
“Setalah korban menelpon itu, kemudian disambungkan dengan pelaku yang bertugas menjadi operator. Yang kami duga kuat bahwa DPO perempuan ini yang menjadi operatornya,” jelasnya.
Layaknya operator sunguhan, berbagai pertanyaan soal identitas korban pun dilontarkan. Termasuk nomer PIN ATM dari korban.
Setelah semua data dikantongi pelaku, korban pun diarahkan untuk pulang. Barulah para pelaku itu beraksi menguras semua uang milik korbannya.
“Berdasarkan hasil penyelidikan, semetara ada 15 korban yang ada di wilayah Lobar. Kerugian korbanya bervariasi dari puluhan juta sampai ratusan juta,” bebernya.
Pengungkapan para pelaku ini berawal dari laporan korbanya yang masuk ke Polres Lobar. Setelah dilakukan penyelidikan pihaknya mengantongi identitas pelaku yang terekam dalam cctv mesin ATM. Akhirnya para pelaku itu diringkus ketika hendak melancarkan aksinya di kawasan Lombok Timur (Lotim). Tentunya berkoordinasi dengan pihak kepolisian Lotim.
“Saat disergap, para pelaku ini mencoba melakukan perlawanan. Sehingga dengan berat hati kami lumpuhkan (tembak kaki),” jelasnya.(rd)

No comments

Powered by Blogger.