Header Ads

ads header

TNI Bantu Rehab-Rekon Lombok Barat, Sekda Beri Apresiasi


Lombok Barat - Dalam rangka percepatan progres rehabilitasi dan rekonstruksi (rehab-rekon) di Lombok Barat (Lobar) yang masih tersisa beberapa persen, Sekretaris Daerah Kab. Lobar H. Baehaqi  mengapresiasi kedatangan Satuan Tugas (Satgas) Zeni TNI yang akan bertugas di Lobar.
       Baehaqi mengatakan, pendanaan rumah tahan gempa di Lobar sudah mencapai sekitar 98 persen, dan dengan kedatangan Zeni TNI ini, Baehaqi berharap akan segera membantu percepatan pencapaian 100% rumah tahan gempa di Lobar.
“Dia (TNI) akan turut membantu di masyarakat. Di Lombok Barat ada sembilan puluh TNI dan kita berterima kasih dan bersyukur karena ini akan mempercepat (rehab-rekon),” kata Baehaqi saat menghadiri Upacara Penyambutan Satgas Zeni TNI di  Wilayah Provinsi Nusa Tenggara Barat  (NTB), yang bertempat di Pelabuhan Lembar.
       Sementara itu, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Derah (BPBD) Kab. Lobar, Mahnan, mengatakan dana yang 98 persen sudah disalurkan ke masyarakat. Sisanya yang tinggal beberapa persen, kata Mahnan, sudah diusulkan kembali. Mahnan berharap agar dana tersebut bisa segera dicairkan dan segera disalurkan ke masyarakat penerima bantuan.
         Senada dengan Baehaqi, Mahnan juga memastikan jumlah personil Zeni TNI untuk Lobar ada 90 orang dan akan tersebar di beberapa titik di wilayah Lobar, seperti Kecamatan Batulyar, Gunung Sari, Lingsar dan Narmada.
“Setelah dari Lembar ini, kami akan mengarah ke Bencingah Kantor Bupati Lombok Barat untuk menerima Zeni TNI, di sana ada pembekalan dan pembagian tugas, dan Pemkab Lobar nanti akan diwakili oleh Asisten I,” kata Mahnan. 
        Komandan Korem 162/WB NTB, Kolonel Czi Ahmad Rizal Ramdhani yang bertindak sebagai pembina upacara dalam penyambutan Satgas Zeni TNI ini mengatakan bahwa Satgas Zeni TNI sangat dinantikan oleh masyarakat NTB, mengingat sejak terjadinya gempa bumi pada tahun 2018 dan sampai saat ini upaya pemulihan kondisi masyarakat NTB masih terus dilakukan, seperti pembangunan dan perbaikan rumah tahan gempa.
“Mereka akan berjumlah 1000 orang, kedatangannya bertahap, yang sekarang 700 orang, sisanya besok. Mereka ini sangat dibutuhkan dalam membantu menyelesaikan pembangunan rumah masyarakat, maka dengan begitu kita harapkan  kehidupan masyarakat di NTB akan segera normal,” harapnya.
“Saya berharap, kehadiran para pahlawan kemanusiaan ini dapat memberikan kebahagiaan bagi masyarakat Nusa Tenggara Barat yang terdampak gempa. Dengan selesainya pengerjaan tempat tinggal, mereka akan kembali merasakan kehangatan tinggal di rumah layak huni. Kepada seluruh fasilitator dan masyarakat dapat membantu pasukan Zeni TNI selama perpanjangan rehab rekon,” lanjutnya berharap. 
         Ahmad Rizal Ramdhani juga mengatakan di NTB rumah tahan gempa yang sudah terbangun sebanyak dua ratus ribu unit, tinggal tersisa sekitar tiga puluh ribu unit. Ia juga mengingatkan kepada satuan tugas Zeni TNI selama di NTB untuk bisa melaksanakan tugasnya  dengan baik,  penuh semangat dan ikhlas.(rd)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.