Header Ads

ads header

Tidak Terakses Air Bersih, Dewan Lobar Desak PDAM Beri Solusi Alternatif


Lombok Barat – Anggota DPRD Lombok Barat H. Abu Bakar Dapil Sekotong mendesak PDAM Giri Menang untuk menuntaskan persoalan kebutuhan  masyarakat di Daerah Sekotong yang sudah puluhan tahun tidak terakses air bersih. Pernyataan tersebut disampaikannya melalui rapat Komisi ll dengan mitra kerja, Jumat (17/01).

Secara khusus, dia secara tegas agar pihak PDAM memberikan pelayanan air bersih dengan sistematik dan ematik, sehingga dalam kurun waktu yang tidak terlalu lama, kebutuhan vital ini bisa dinikmati untuk kemaslahatan orang banyak terutama di wilayah Sekotong.

H. Abubakar menyayangkan, wilayah wilayah yang tidak tersentuh aliran daripada PDAM itu salah satunya Daerah bagian Selatan (Sekotong-red) terutama, diharapkan agar di tahun 2020 ini ada program yang kemudian  menjadi sistemik dan ematik, sehingga bisa menuntaskan persoalan kebutuhan vital ini.

Padahal secara umum Daerah Sekotong secara geografis sangat luas dan hampir separoh dari Kecamatan lain yang ada di Lombok Barat. Untuk itu terhadap pemenuhan air bersih bisa terlayani, dirinya meminta target atau kesanggupan PDAM untuk mengairi Sekotong itu seperti apa, tegasnya. Sebab kebutuhan ini sangat krusial dan vital bagi masyarakat.

“PDAM harus bisa mewujudkan kebutan masyarakat yang sangat mendasar ini,” tegasnya.

Menurutnya, kalau memang kebutuhan masyarakat ini tidak bisa dijawab atau tidak dipenuhi oleh PDAM lanjutnya, kita mungkin bisa mencari alternatif lain. Kalau dalam porsinya PDAM tidak bisa memberikan kejelasan maka solusi terbaik yakni, biar kita orang Sekotong saja melakukan pengeboran di daerah daerah sekotong yang tidak terakses termasuk daratan di desa Gili Gede. Jika memang PDAM kerjaannya hanya tidur saja untuk kebutuhan  daerah kita, alternatifnya kita coba ambil tindakan untuk pengadaan air bersih ini.

“Kalau memang  dalam jangka dua tahun, supaya biar kami saja yang berbuat,” tegasnya.

Bisa saja kita datangkan investor atau pengusaha dari luar untuk mengolah air bawah tanah ataupun air laut untuk menjadi air bersih.
Lebih-lebih saat ini Pemda sendiri tengah getol membangun dan menata kawasan Sekotong untuk disiapkan sebagai penyangga pengembangan KEK Mandalika Lombok Tengah.
Persoalan lain yang perlu dipersiapkan yakni, SDM yang ada di wilayah Sekotong. SDM ini sebenarnya mampu mengelola daerah ini menjadi lebih baik kedepan. Sehingga kedepan pihaknya akan mendorong persiapan SDM di wilayah setempat. 

“Ini jadi PR kita juga kedepannya,”imbuh politisi yang bergelut sebagai pengusaha ini. (Rd)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.