Header Ads

ads header

Dewan Targetkan Hal Ini di Awal Masa Sidang


Seputar Lombok.com|Lombok Tengah – Lembaga legislative Lombok Tengah kembali menggelar sidang. Kali ini dengan agenda pembukaan masa sidang kedua di tahun 2020 setelah sebelumnya menutup masa sidang pertama pada 30 Desember tahun lalu.

Di awal masa sidang ini, para dewan menargetkan beberapa hal yang diklaim sebagai upaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Lombok Tengah dan bisa tercapainya target APBD tahun 2020 ini.

Dipimpin oleh Wakil Ketua DPRD Loteng, HL Sarjana SH, pelaksanaan kegiatan sidang paripurna ini berjalan mulus sejak awal. Hanya beberapa anggota DPRD Loteng, seperti Syarifuddin dari Fraksi Golkar yang sempat melontarkan protes karena Fraksinya sempat terlewatkan pada saat penyebutan waktu pembacaan keterangan jumlah peserta sidang.

Sebelum Sarjana membuka sidang, dirinya mewakili seluruh anggota Dewan menyampaikan ucapan prihatin terhadap beberapa musibah yang menimpa daerah beberapa waktu lalu. Terlebih khusus musibah hujan deras yang disertai angin puting beliung yang menyebabkan kerusakan rumah warga hingga fasilitas pendidikan.

"Ini merupakan duka mendalam bagi kita semua dan kami menyampaikan luka mendalam, semoga segala musibah dan bencana ini cepat berlalu,” ungkapnya.

Dia juga meminta kepada Pemerintah daerah untuk segera menangani persoalan ini, termasuk memberikan bantuan kepada sejumlah korban bencana sesuai dengan aturan yang sudah ditetapkan.

"Kami mendorong kepada pemerintah untuk segera menangani masalah ini dan segera mengucurkan bantuan kepada para korban,” sambungnya.

Lebih jauh, di hadapan peserta sidang seperti Sekda Lombok Tengah, HM Nursiah yang mewakili Bupati dan Wakil Bupati yang berhalangan hadir saat itu dan di hadapan beberapa pimpinan SKPD serta Forkompinda, HL Sarjana mengungkapkan bahwa lembaga legislative sudah menentukan beberapa target.

"Berdasarkan rapat Banmus (Badan Musyawarah-Red) yang dilaksanakan pada hari Kamis lalu dengan nomor nomor 01 tahun 2020, ditentukan beberapa agenda,” ungkapnya.

Dijelaskan, agenda dimaksud antara lain adalah Reses sebagai dasar perumusan Pokok Pikiran yang dijaring dari aspirasi masyarakat. Kegiatan reses ini, lanjut Sarjana merupakan agenda awal di awal tahun ini.

Selain itu, Banmus juga menjadualkan kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) di kegiatan berikutnya sebagai upaya peningkatan kapasitas pimpinan dan anggota dewan.

Sementara untuk pelaksanaan fungsi pengawasan, legislative juga sudah menjadualkan rapat kerja komisi dan kunjungan lapangan kepada SKPD mitra komisi.

"Rapat kerja komisi dan kunjungan lapangan ini untuk melakukan evaluasi dan pengawasan langsung terhadap kerja pelaksanaan APBD 2019 yang lalu,” jelasnya.

Untuk agenda selanjutnya adalah pembahasan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) usul DPRD yang kemudian dilanjutkan dengan keterangan pertanggungjawaban pelaksanaan APBD dari Pemerintah Daerah.

"Dengan harapan keterangan pertanggungjawaban itu dituntaskan pada Bulan April mendatang,” tegasnya.

Usai menyampaikan beberapa rencana agenda dewan di tahun 2020 ini, Sarjana kemudian mengungkapkan bahwa lembaga legislative ini akan terus bekerja keras dan berupaya untuk kemaslahatan masyarakat Lombok Tengah. (fiq)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.