Header Ads

ads header

Antisipasi Banjir dan Genangan Air Didepan Puskesmas, Koramil Moyo Hulu Gelar Pembersihan Saluran air



Seputarlombok.com | Sumbawa - Koramil 1607-08/Moyo Hulu bersama anggota Polsek Moyo Hulu melaksanakan pembersihan dan pengerukan saluran air didepan Puskesmas Moyo Hulu, Rabu (8/1).

Menurut Danramil Moyo Hulu Kapten Inf Triono yang berada di lokasi, saluran air tersebut tersumbat karena banyaknya tanah lumpur yang terbawa air hujan dari kawasan hutan sehingga menimbulkan genangan air dan bahkan banjir.

"Sekarang ini musim hujan, saluran air harus bersih dari sampah maupun endapan tanah yang mengakibat air tidak lancar dan meluap kepermukaan," ujar Triono. 

Terpisah Komandan Kodim 1607/Sumbawa Letnan Kolonel Inf Samsul Huda, SE. M.Sc., membenarkan dan mengapresiasi kegiatan Koramil dan Polsek Moyo Hulu membersihkan saluran air didepan fasilitas umum. 

"Ini salah satu bentuk sinergitas dan soliditas TNI Polri di wilayah bersama-sama membantu masyarakat dalam mengantisipasi banjir," terang Samsul.

Menurutnya, tingginya curah hujan dibeberapa tempat akan menambah debit air dan ini harus diwaspadai karena bisa berdampak banjir mengingat daerah tersebut merupakan kawasan hutan. 

"Kita ketahui bersama bahwa hutan di Pulau Sumbawa juga sudah banyak yang gundul karena pohon sebagai penyangga tanah dan air habis ditebang oleh oknum yang tidak bertanggung jawab," ungkap mantan Danyonif Raidersus 744/SYB tersebut.

Untuk itu, pihaknya mengajak seluruh komponen masyarakat untuk menjaga dan melestarikan kembali hutan yang gundul dengan menanam pohon sehingga fungsi hutan kembali seperti semula.

No comments

Powered by Blogger.