Header Ads

ads header

Wagub Minta Pertanggung jawaban Rehab Rekon Segera Diselesaikan



Seputarlombok.com | Lombok Utara – Wakil Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB), Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah meminta agar semua pihak yang memiliki kewajiban untuk membuat laporan pertanggungjawaban terkait rehabilitasi dan rekonstruksi pascagempa agar segera menyelesaikan tugasnya secepat mungkin.

“Yang namanya bencana ini tidak ada peluang untuk mendapatkan keuntungan pribadi, kalau itu terjadi, pasti akan berhadapan dengan hukum, terlebih lagi penggunaan uang negara, pertanggungjawabannya harus jelas. Semua harus dipertanggungjawabkan, rumah yang sudah jadi, harus segera diselesaikan pertanggungjawabannya,” kata Wakil Gubernur saat acara penyerahan kunci rumah bantuan pascagempa di Desa Malaka, Kecamatan Pemenang, Lombok Utara, Rabu (16/10/2019).

Lebih lanjut, Wagub NTB menjelaskan bahwa dalam pembuatan laporan pertanggungjawaban, semua pihak harus bekerjasama dan berhati-hati agar tidak ada kesalahan administrasi yang berpotensi menyebabkan persoalan di kemudian hari.

Keaktifan semua pihak, kata Wagub, harus tetap diperkuat dan harus dipegang teguh. Tidak boleh ada perselisihan antara sesama, karena pemerintah maupun masyarakat memilik keinginan dan tujuan yang sama, yakni menyelesaikan program rehabilitasi dan rekonstruksi ini dengan cepat.

“Desa Malaka menunjukkan kekompakan yang luar biasa, proaktif yang baik, sehingga progressnya baik. Hal itu terjadi karena kerjasama semua pihak, kalau semua tidak proaktif, permasalahan ini tidak akan berhasil. Tidak ada boleh ada yang klaim ini keberhasilan sendiri, ini keberhasilan semua pihak, hasil kolaborasi yang baik dan itu yang harus kita pegang kedepannya,” tegasnya.

Wagub yang biasa disapa Umi Rohmi ini mengatakan bahwa ia sangat optimis terhadap masa depan Lombok Utara usai dilaksanakannya proses pemulihan pascagempa. Ia mengajak warga Lombok Utara untuk terus maju dan meningkatkan kerjasama serta kekompakan dengan berbagai pihak.

“Semua sama-sama kita bergandengan tangan, tidak ada yang tidak bisa kita lalui, hal ini sudah terbukti di Desa Malaka yang telah bekerja bersama dalam menyelesaikan permasalahan ini,” tutur Rohmi.

Sementara itu, Bupati Kabupaten Lombok Utara, Dr. H. Najmul Akhyar yang hadir dalam acara tersebut mengungkapkan bahwa, proses ini harus tetap dilaksanakan dengan cepat. Namun begitu, dalam pengerjaannya, semua pihak diminta berhati-hati dan teliti.

“Kita harus fokus untuk bisa melaksanakan kegiatan ini dengan cepat, namun tidak meninggalkan kaidah-kaidah laporan keuangan yang ada,” kata Bupati.

Najmul mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Provinsi NTB, karena telah memperhatikan Lombok Utara ini dengan baik yang dibuktikan dengan banyaknya kegiatan-kegiatan provinsi di Lombok Utara.

Perlu diketahui, rumah jadi yang diserahkan hari ini sebanyak 1.469 unit. Jumlah rumah yang dalam progres sebanyak 35.000 unit. Dari jumlah tersebut, sebanyak 8.000 unit yang siap ditempati.(SL/tf)



Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.