Header Ads

ads header

Peduli Warga Pesisir, Polres Lobar Sosialisasi Bahaya Organisasi Radikal Anti Pancasila


SeputarLombok.com|Lombok Barat –Munculnya isu dan fenomena berkembangnya organisasi radikal serta anti Pancasila menjadi atensi tersendiri Polres Lombok Barat (Lobar).

Bahkan, institusi penegakan hukum ini berencana melaksanakan tindakan penertiban terhadap sejumlah organisasi yang terindikasi radikal dan anti terhadap dasar Negara yaitu Pancasila.

Demi kegiatan ini, Kapolres Lobar, AKBP Heri Wahyudi S.Ik melalui Kasat Polairud IPDA I Gst. Md Suarjaya bersama jajarannya melaksanakan giat sosialisasi program yang diberi nama Qwick Win yang merupakan kegiatan penertiban dan penegakan hukum terhadap organisasi anti pancasila dan radikal.

“Giat ini merupakan atensi dari Polri sesuai perintah bapak Kapolri,” jelas Suarjaya kepada awak media Sabtu, (12/10).

Dijelaskan pula, kegiatan sosialisasi sebelum digelarnya giat ini dilaksanakan untuk menjelaskan kepada masyarakat tentang bahaya organisasi dimaksud.

Sebab, semua organisasi yang anti pancasila berpotensi untuk menghancurkan stabilitas Negara. Terlebih lagi organisasi itu sudah mengarah ke ranah radikal yang bisa saja mengancam keberlangsungan terselenggaranya suatu Negara.

Menurutnya, berkembangnya teknologi informasi saat ini, termasuk media social menjadi salah satu ladang basah orang-orang yang anti pancasila untuk merusak keutuhan NKRI.

“Apalagi masyarakat kita bisa dikatakan gampang terpengaruh sehingga sosialisasi dan giat ini menjadi sangat penting dan menjadi atensi tingkat tinggi Polri,” lanjutnya.

Dari pantauan media ini, kegiatan yang dilaksanakan di Pantai Induk Dusun Taman Ayu Desa Gerung Kabupaten Lobar itu dihadiri juga oleh tokoh masyarakat setempat, antara lain seperti Kepala Dusun, Kepala Desa, Kelompok Nelayan, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Agama serta Tokoh pemuda setempat.

Dilaksanakan pula kegiatan Tanya jawab setelah Kapolres melalui Kasat Polairud memaparkan sekelumit tentang bahaya organisasi radikal dan organisasi anti pancasila yang saat ini seakan menjadi trend di Indonesia secara khusus dan Negara Asia pada umumnya.

“Kami juga melakukan sosialisasi tentang penegakan hukum di wilayah perairan agar para nelayan kita memiliki pengetahuan mendalam tentang hukum dan wilayah hukum perairan di Indonesia, terutama para nelayan kita di Lombok Barat ini,” ungkap Kasat Polairud Polres Lobar.

Selain kegiatan sosialisasi, jajaran Polres Lobar juga melaksanakan pembagian sembako, life boy, bendera merah putih dan teks pancasila kepada masyarakat. (RD)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.