Header Ads

ads header

Wagub NTB : Sinergi Norma Hukum, Norma Agama, Serta Norma Etika Sangat Penting



Seputarlombok.com | Mataram – Wakil Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah, menghadiri sekaligus membuka Seminar Nasional dan Colloquium Himpunan Ahli Hukum Tata Negara (HTN) – Hukum Administrasi (HAN) yang terselenggara di Hotel Aruna, Senggigi, Senin, (16/9/2019).

Seminar tersebut bertajuk “Sinergi Sistem Rule of Law dan Wule of Ethics Dalam Membangun Negara Demokrasi Berintegritas Berdasarkan Pancasila dan UUD 1945”. Kegiatan diawali dengan persembahan tarian oncer dan gendang beleq.

Seminar resmi dibuka dengan tabuhan gendang beleq, oleh Wakil Gubernur yang didampingi oleh Ketua Himpunan HTN dan HAN, Ketua Peradi Kota Mataram dan Bupati Lombok Barat.

Dalam sambutannya, Wakil Gubernur memaparkan sekilas tentang Provinsi NTB kepada para peserta yang hadir. “NTB itu ada dua pulau besar dan hampir 300 pulau kecil, dan banyak sekali pulau-pulau kecil yang indah di NTB,” tutur Wagub. Dengan semua keindahan alam yang begitu memukau dan potensi yang dimilikinya itu, Wagub mengharapkan agar semua pihak ikut serta menjaganya.

Pada kesempatan itu, Wagub menyampaikan pentingnya sinergi norma hukum, norma agama serta norma etika dalam kehidupan. “Ketiga norma tersebut harus sinergi satu sama lain, kalau kita kedepankan satu saja, pasti saja ada ketidakseimbangan,” ujarnya.

Terakhir, dengan terpilihnya Lombok NTB menjadi lokasi terselenggaranya seminar nasional yang digelar setahun sekali ini, Wagub berharap akan muncul sesuatu yang bermanfaat untuk hukum tata negara dan hukum administrasi kedepannya.

Sebelumnya, Prof Dr. Tatiek Sri Djatmiah, SH. MS, Ketua Umum HTM dan HAN, menyampaikan tujuan dari terselenggaranya Seminar ini, selain untuk meningkatkan ikatan silaturrahim bagi anggota perhimpunan, hasil dari Colloquium ini juga, akan memberikan masukan kepada pemerintah dalam bentuk saran/perbaikan terhadap penegakan hukum di NTB, serta perwujudan harmonisasi dari norma hukum, agama dan etika di NTB.

“Hasil dari Colloquium ini akan kami serahkan kepada Pemerintah Provinsi NTB sebagai wujud kepedulian Himpunan kepada pemerintah,” ucap Dr. Tatiek diakhir sambutannya.(SL/tf)

No comments

Powered by Blogger.