Header Ads

ads header

Pembahasan Tatib DPRD Lobar Tuntas


Seputarlombok.com | Lomok Barat - Setelah kurang lebih tiga melakukan rapat pembahasan Tata Tertib (Tatib) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Lombok Barat Priode 2019-2024,  Panitia Khusus (Pansus) pembahasan  Tatib sudah selesai melakukan pembahasan Tatib.
Ketua Pansus Tatib DPRD Lobar Indra Jaya Usman menjelaskan, pembahasan Tatib DPRD Lobar sudah selesai dibahas bersama dengan semua anggota pansus Tatib DPRD Lobar." Tatib sudah selesai kami bahas, dan segera kita paripurnakan," kata Indra saat ditemui kemarin.

Dalam pembahasan Tatib, berjalan cukup alot karena antara masing-masing anggota pansus dari masing-masing fraksi memiliki pemikiran dan usulan masing-masing untuk dimasukan dalam Tatib DPRD Lobar yang baru. Setelah selesai pembahasan, rencananya penetapan sidang paripurna Tatib DPRD Lobar akan dilakukan pada tanggal 29 Agustus 2019." Nanti tanggal 29 e kita paripurnakan," ujarnya.

Wakil Ketua DPRD Lobar sementara Hj. Nurul Adha menjelaskan, dalam pembahasan Tatib mengacu dari Peraturan Pemerintah nomor 12 tahun 2018. Dimana biasanya dalam Tatib dibahas berbagai hal yang berhubungan dengan Tata Tertib di DPRD Lobar. Misalnya dalam Tatib membahas tentang kelancarannya dan peran sebagai anggota DPRD Lobar, misalnya peran, tugas dari fraksi, apa itu fraksi gabungan semua sudah dibahas dalam Tatib.

Kemudian ada juga siapa-siapa yang akan menduduki jabatan pada komisi-komisi di DPRD Lobar, itu semua diserahkan kepada masing-masing fraksi untuk mengutus anggota fraksi mereka untuk duduk sejumlah komisi di DPRD Lobar yang berjumlah empat komisi." Nanti anggota komisi diisi oleh masing-masing anggota dari fraksi," ujarnya.

Dimana empat komisi itu komisi satu menangani bidang pemerintahan. Komisi dua menangani bidang anggaran dan pariwisata. Komisi tiga menangani bidang infrastruktur dan komisi empat menangani bidang pendidikan dan kesehatan." Samua pembahasan tentang  komisi akan tetapkan dalam Tatib," tegasnya.

Tatib yang dibahas ini juga menjadi ikatan dari para anggota dewan, misalnya soal hari kerja DPRD Lobar, kemudian diatur jadwalnya pelaksanaan sidang paripurna, agar tidak terlalu molor, karena selama ini memang yang sering menjadi keluhan adalah sering molornya pelaksanaan sidang paripurna." Pelaksana jam paripurnakan, nanti diatur Tatib sesuai kesepahaman pansus dalam Tatib yang sudah selesai dibahas," tegasnya.

Salah satu anggota pansus dari fraksi PKS  Akhyar Rosyidi mengatakan pembahasan Tatib sudah selesai,  ia berharap Tatib yang sudah dibahas dengan teman-teman pansus menjadi acuan fan rujukan teman-teman DPRD Lobar dalam menjalankan tufoksi sebagai wakil rakyat." Saya berharap semoga tatib yang sudah  di bahas bisa menjadi acuan dan rujukan teman teman DPRD dalam menjalankan tufoksi sebagai wakil rakyat," harap Akhyar.(SL/Rd)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.