Header Ads

ads header

Tiga Srikandi DPRD Lobar Tetap Bertahan


seputarlombok.com | GIRI MENANG- Pleno rekapitulasi prolehan suata Calon Anggota Legislatif DPRD Kabupaten Lombok Barat sudah selesai dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lombok Barat, dari hasil data yang dikumpulkan koran ini dari hasil rekapitulasi. Dari 45 anggota DPRD Lobar, ada 7 anggota DPRD Lobar dari kalangan perempuan, dari 7 orang kemudian berkurang lagi menjadi enam, karena Hj Sumiatun di PAW karena menjadi Wakil Bupati.

Pada pelaksanaan pileg kemarin, dari 6 Srikandi DPRD Lobar yang ada, tiga diantaranya masih bertahan atau terpilih kembali yaitu Hj Nurhidayah dari partai  (Gerindra) Dapil III Gunung Sari-Batu Layar. Hj Tunik Haryani (Gerindra) Dapil IV Narmada-Lingsar dan Hj Nurul Adha dari (PKS) Dapil V Kediri-Labuapi.

Sisanya tiga orang wakil perempuan yang mencalonkan diri tidak terpilih kembali, sedangkan satu wajah baru anggota DPRD Lobar berasal dari Partai PDIP yang diisi oleh Hj Nurjanah, sehingga jumlah kursi DPRD Lobar yang isi kaum perempuan hanya 4 kursi dari 45 anggota DPRD Lobar.

Dari hasil pleno KPU Lobar secara keseluruhan, anggota DPRD Lobar yang mencalonkan diri kembali  untuk DPRD Lobar sekitar 40 orang, sedangkan yang lima orang maju di DPRD Provinsi empat orang dan di DPR RI satu orang. Dari 40 orang tersebut yang terpilih kembali hanya 19 orang sisanya 21 orang tumbang, termasuk  tiga orang anggotanya DPRD dari kalangan perempuan, yaitu Hj Rapiah Musa dari Dapil V. Hj.Muslihan Dapil III dan Fuadzakiyah dari Dapil  IV."  Tiga incumbent yang gender  di DPRD Lobar tumbang," kata Hj Nurhidayah.

Dengan tumbangnya tiga anggota DPRD Lobar dari kalangan perempuan, membuat keterwakilan perempuan di kursi DPRD Lobar semakin berkurangnya dari kuota 30 persen sebagimana diatur dalam undang-undang. Dimana kalau tahun 2014  keterwakilan perempuan lebih dari 20 persen. Hasil Pileg kemarin menyisakan keterwakilan perempuan menjadi  kurang 10 persen, yaitu hanya empat orang." Kurang dari 10 persen  keterwakilan perempuan di kursi  DPRD Lobar," ujarnya.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.