Header Ads

ads header

Ketua DPR Lobar: Peran Sekretariat Sangat Penting


seputarlombok.com | Lombok Barat- Asosiasi Sekretariat DPRD Kabupaten/Kota Seluruh Indonesia (ASDEKSI)  menggelar Workshop Nasional di Kota Mataram. Usai menggelar Workshop, ASDEKSI, dan perwakilan Kementerian Dalam Negeri dan Sekretariat DPRD Kabupaten Lombok Barat menggelar dialog tentang  Peran Sekretariat DPRD Dalam Menunjang dan Meningkatkan Kinerja DPRD, yang digelar di hotel Golden Palace, Mataram (6/7).

Dialog dihadiri oleh Ketua Umum ADEKSI Tri Puguh Priyadi.  Ketua DPRD Kabupaten Lombok Barat Imam Kafali dan Firmansyah Rasyid Kepala Sub Bagian Bagian Acara Kementerian Dalam Negeri. Dalam pemaparannya, Ketua DPRD Kabupaten Lombok Barat Imam Kafali, menjelaskan, keberadaan sekretariat DPRD sangat dibutuhkan dan sangat diperlukan, karena Sekretariat yang memfasilitasinya semua keperluan dari anggota DPRD itu sendiri." Secara teknis yang lebih tahu itukan, Sekretariat, makanya kami merasa terfasilitasi dengan adanya Sekretariat DPRD ini," kata Imam.

Untuk di DPRD Lobar sendiri, tutur Imam, pihaknya merasa sangat terbantu, dan sudah merasa terfasilitasi dengan baik oleh Sekretariat DPRD, kalau tidak difasilitasi tentunya, anggota DPRD Lobar tidak bekerja, tarutama dalam menjalankan tugas dan fungsi utama anggota DPR, yaitu fungsi Legislasi, Budgeting, Pengawasan. Kalau misalnya tidak ada Sekertariat, tentunya DPR tidak bisa menghasilkan produk hukum, seperti Peraturan Daerah (Perda) dan produk lainnya."Disatu sisi, keberadaan Sekretariat dewan sebagai penghubung antara Ekskutif dengan Legislatif, jadi antara ekskutif dan legislatif harus terjalin hubungan yang harmonis, hubungan ini akan bisa terjalin jika Sekretariat dewan bisa menjalin hubungan yang baik dengan ekskutif.

Sementara itu, Firman dari perwakilan Kemendagri menjelaskan, DPR merupakan perwakilan dari masyarakat, dimana dewan harus bisa mewakili suara masyarakat yang mereka wakilkan di kursi parlemen." Hal yang diinginkan oleh masyarakat, harus bisa disampaikan oleh anggota DPR itu sendiri," kata Firman.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.