Header Ads

ads header

Dewan Minta Manfaat Dana Tak Terduga Perbaiki Jalan Desa Pakuan


seputarlombok.com | GIRI MENANG- Anggota DPRD Kabupaten Lombok Barat yang berasal satu Kecamatan Narmada  H Ahmad Zaenuri meminta Pemda Lobar segera melakukan perbaikan ruas jalan penghubung Desa Pakuan Kecamatan Narmada yang longsor menggunakan dana siaga yang dimiliki oleh Pemda Lobar.

Bila perlu bulan depan jalan tersebut sudah mulai diperbaiki, pasalnya kondisi itu cukup membahayakan para pengendara yang melintas. Disamping tidak bisa dilalui kendaraan roda empat." Kalau tidak ada angry, gunakan dana siaga Pemda Lobar," katanya.

Menurut politisi PKPI ini perbaikan jalan itu akan dilakukan oleh pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD). Menggunakan dana tidak terduga yang ada di APBD Lobar.Iapun tidak mempungkiri rusaknya jalan itu bukan kali pertama terjadi. Sebab sebelumnya jalan itu pernah rusak dan sempat diperbaiki. Memang strukturnya salah,Ia menilai rusaknya jalan itu karena struktur pengerjaannya yang memang salah dari awal. Iapun mengharapkan untuk perbaikan kedepan pihak BPBD mengunakan bronjong." Untuk perbaikan harus beronjong nantinya," pintanya.

Hal ini untuk memperkuat konsur tanah dilokasi tersebut yang berbatasan langsung dengan sungai.Diharapkan bronjongnya lebih panjang dan lebih lebar untuk memperkuat posisi jalan itu biar tidak ambruk lagi.

Sementara Itu Kepala Pelaksana  BPBD Lobar, H M Najib mengaku akan mengkoordinasikan perbaikan jalan itu dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PU-PR) Lobar. Sebab perlu adanya penanganan teknis untuk jalan tersebut. mengingat konstur jalan itu tanah berpasir." Kita akan koordinasikan, karena kontur tanahnya yang berpasir," tegasnya.

Terkait untuk pengunaan dana tidak terduga, Najib menilai perbaikan yang dilakukan hanya penanganan sementara. Berupa pembuatan bronjong, sampai nanti penganan khusus oleh Dinas PU Lobar agar pembuatan jalan disitu bisa ditinggikan.

Najib mengungkapkan pihaknya akan memperlebar jalan sebelah jalan yang rusak itu untuk penanganan sementara. Agar bisa kembali dilalui kendaraan warga. Pihaknyapun sedang berkoordinasi dengan warga pemilik lahan disebelah jalan itu untuk mau meminjamkan lahannya sementara." Pemilik lahan belum mau meminjamkan, nanti kita minta kepala desa untuk melakukan pendekatan dengan pemilik lahan agar mau meminjamkan,” jelasnya.(hd)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.