Header Ads

ads header

Pembuktian Kualitas Roof Top Garden, Golden Palace Hotel Tetap Kokoh Meski Diguncang Gempa


SeputarLombok.com | NTB - Gempa yang mengguncang Lombok beberapa waktu lalu menyisakan luka mendalam bagi setiap orang.

Tidak terkecuali bagi para pelaku wisata yang tidak sedikit merasa shock karena dikunjungi gempa berkekuatan magnitudo 7 SR itu.

Betapa tidak, sejumlah fasilitas pariwisata mereka ikut ambruk dan secara otomatis usaha yang dijalankan selama ini seakan mati suri.

Kemungkinan besar, hal itu terjadi lantaran struktur bangunan terutama hotel mereka tidak cukup kuat menghadapi goncangan gempa. 

Namun berbeda dengan Golden Palace Hotel Lombok. Meski gempa dahsyat yang mengguncang pada 5 Agustus 2018 itu, tapi hotel dengan fasilitas terlengkap ini tetap kokoh berdiri.

Hotel ini juga telah diassesment Tim penilai struktur bangunan yang terdiri dari tim Dinas Pekerjaan Umum Provinsi NTB bekerja sama dengan tim ahli struktur (PU Sydney) Australia. 

Hasil pengecekan adalah struktur bangunan sama sekali (100%) tidak ada mengalami kerusakan, struktur bangunan dinyatakan sangat aman (kode Hijau). 

Kerusakan hanya terjadi pada bagian partisi finishing bangunan seperti keretakan plesteran pada tembok facade bangunan timur dan barat dan beberapa keramik dinding yang lepas. 

“Struktur bangunan kolom dan balok tidak ada yang retak sedikitpun sangat kokoh dan kuat. Jadi dapat saya katakan bahwa hotel ini aman untuk difungsikan kembali dan melakukan kegiatan operasional seperti sedia kala. Dan kami pun memberikan kartu hijau yang menandakan hotel ini sangat aman," ungkap kepala Tim Penilaian.

Golden Palace Hotel Lombok juga telah mendapatkan Surat Rekomendasi Teknis Kelayakan Konstruksi dari Dinas Pekerjaan Umum Provinsi NTB yang didalamnya menegaskan bahwa bangunan Golden Palace Hotel Lombok hanya mengalami kerusakan partisi ringan. Sehingga secara umum, bangunan gedung hotel aman digunakan dalam memberikan pelayanan jasa perhotelan. 

Management Golden Palace Hotel Lombok optimis bahwa hotel yang terkenal sebagai rumah kedua para pejabat negara ini akan ramai kembali seperti biasanya. 

Adapun para pejabat negara yang sudah datang untuk berkunjung dan menginap di Golden Palace Hotel Lombok yang beberapa diantaranya yaitu Bapak Jokowi selaku Presiden RI, Bapak Jenderal TNI (Purn.) Dr. H. Wiranto, S.H. selaku Menkopolhukam, hingga Panglima TNI Bapak Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. dan Kepala Kepolisian Republik Indonesia Jenderal Polisi Prof. Drs. H. Muhammad Tito Karnavian, M.A., Ph.D. 

Setelah dilanda bencana gempa bumi, para pejabat Negara tetap datang untuk berkunjung dan menginap di Golden Palace Hotel Lombok yang diantaranya yaitu Prof. Dr. dr. Nila Djuwita Faried Moeloek, SpM selaku menteri kesehatan, Bapak Prof. Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro, S.E., M.U.P. selaku menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Indonesia, Bapak Zulkifli Hasan, S.E., M.M. selaku Ketua MPR RI, dan Bapak Prof. DR. Mahfud MD., SH., SU. selaku politisi Indonesia yang pernah menjabat sebagai Ketua Mahkamah Konstitusi. 

Hal ini membuktikan bahwa para pejabat Negara yakin akan bangunan Golden Palace Hotel Lombok yang sangat aman. 

Beberapa event international juga pernah diselenggarakan di Golden Palace Hotel Lombok diantaranya adalah Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK) dan Sub Regional Meeting On Transnational Security yang dihadiri para petinggi dari berbagai Negara yaitu sekitar 47 negara - negara di dunia. (Aan)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.