Header Ads

ads header

Polres Lobar Ingin Pastikan Musuh Bersama Tidak Racuni Anggota


SeputarLombok.com | Lombok Barat - Sebagai bentuk komitmen bahwa narkoba adalah musuh bersama, jajaran Polres Lobar melakukan tes urin kepada ratusan anggotanya.

Hal itu untuk memastikan jika barang haram bernama narkoba itu tidak ikut meracuni anggota kepolisian terutama di lungkup wilayah hukum Lombok Barat.

Bekerjasama dengan RS Bhayangkara Polda NTB, tes urin yang tidak pandang bulu itu dilakukan kepada 392 orang personel pada Senin (1/4). Sasarannya termasuk juga Bintara hingga Perwira.

."Kepada semua, tidak pandang bulu, baik Bintara terlebih Perwira," tegas Wakapolres Lobar, Kompol Fauzan Wadi dalam keterangan resminya kepada awak media.

Dijelaskan, tujuan dilakukannya tes urine  ini adalah memastikan jika musuh bersama ini bersih di lingkungan dalam kepolisian. 

"Kita ingin memastikan memastikan satuan kita bersih dari penyalahgunaan narkoba, kita pastikan ke dalam juga bersih dari narkoba,'' jelasnya.

Mengenai hasil tes, dijelaskan akan menunggu hasil pemeriksaan dari pihak RS Bhayangkara yang melakukan pemeriksaan dengan mengambil sample urine dari semua personil.

' Kalau hasilnya nanti kita tunggu dari pihak rumah sakit,'' sambungnya.

Lebih jauh dikatakan, jika dari hasil pemeriksaan laboratorium, ada anggota yang terindisikasi positif menggunakan narkoba, pihak Polres Lobar akan memproses anggota tersebut dengan menjalankan sidang disiplin.

Tidak hanya itu, sanksi terberat bisa diberikan  kepada personil tersebut berupa Pemberhentian Dengaan Tidak Hormat (PDTH) jika terbukti positif.

"Bahkan kita ancam PDTH," tegasnya.

Pemeriksaan ini, lanjutnya, dilakukan secara berkala. Interval waktunya bisa setiap tahun, bisa juga dalam jenjang bebarapa bulan saja yang dilakukan secara mendadak.

' Tes urine ini kita lakukan secara tiba-tiba,'' jelasnya.

Hal ini dilakukan agar semua personil betul-betul bisa melakukan pencegahan jika ada yang terdeteksi menggunakan narkoba, sehingga bisa lebih cepat dilakukan penanggulangan untuk antisipasi.

Dari beberapa kali dilakukan tes urine, lanjut Fauzan, sudah ada beberapa personil yang sudah diproses, akibat  melanggar kedisiplinan disiplin karena menggunakan narkoba. (RD)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.