Selasa, 12 Februari 2019

Komisi IV Minta Disnaker Selesaikan Upah Pekerja


seputarlombok.com | Lombok Barat -Komisi IV DPRD Kabupaten Lombok Barat mendorong agar Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Lombok Barat segera menyelesaikan permasalahan belum dibayarkannya upah ratusan pekerja di Hotel Santosa.

Karena masalah ketenaga kerjaan yang melibatkan pengusaha hotel di Lombok Barat ini sudah bergulir cukup lama, sekitar satu tahun lebih, namun sampai saat ini belum ada jalan keluar yang berhasil diberikan kepada para pekerja yang upahnya belum dibayarkan selama kurang lebih 11 bulan.

Ketua Komisi IV Munawir Haris mengatakan pihaknya akan terus mengawal kinerja dari Dinas Tenaga Kerja Lobar untuk menyelesaikan masalah ini, ia menangkap dari permintaan dari para serikat pekerja yang melakukan aksi demo beberapa waktu lalu, mereka meminta agar bisa dilakukan Tripartit. Yaitu mereka bisa dipertemukan langsung antara pekerja dengan pengusaha yang difasilitasi oleh Disnaker Lobar.'' Mereka meminta bisa dipertemukan bertiga,'' tegasnya.

Kalau Dinas hanya mendengar suara mereka secara masing-masing, maka penyelesaian itu, bukan namanya Tripartit. Pemda Lobar jangan mau diatur oleh para pengusaha, bila perlu pihaknnya dari komisi IV akan ikut terlibat dalam mengawasi proses penyelesaian sengketa ini.'' Kami dari komisi IV akan ikut dalam penyelesaian sengketa,'' tegasnya.

Karena masalah ini berhubungan dengan rakyat Lombok Barat, berhubungan dengan kemanusian yang sudah satu tahunan belum ada titik temunya. Kalau sudah diingatkan sekali dua kali, ada legal formal bagi para pekerja untuk membawa ranah ini kepada pengadilan.'' Kalau sudah begitu kan bisa cepat selesai masalahnya kalau sudah masuk pengadilan.'' jelasnya.

Ini kasus Santosa sudah satu tahum belum bisa diselesaikan, sebagai wakil masyarakat Lobar, menyarankan agar Disnaker segera menyelesaikan sengketa ini, bila perlu panggil owner hotel santosa datang ke Lombok. '' Kalau sudah dipanggil berkali-kali tidak mau, ya sudah tergantung sikap pemerintah,'' ujarnya.

Kalau sudah teguran pertama kedua, ada dasar mereka melakukan gugatan, karena intinya mereka para pekerja ini minta kepastian nasib mereka dan meminta legal formal untuk mereka bisa mamasukan gugatan kepada pengadilan.'' Kita akan meminta kepada Dinas agar memberikan target berapa lama waktunya untuk penyelesaian akhirnya,'' tegas politisi PAN ini.(red)

Lorem ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.