Rabu, 13 Februari 2019

Kades Kuripan Kedepankan Pembinaan Perangkat Desa

Hasbi ( Kades Kuripan )

seputarlombok.com | Lombok Barat - Kepala Desa (Kades( Kuripan  Hasbi menegaskan pihaknya tidak akan melakukan perombakan perangkat desa Kuripan setelah dirinya resmi dilantik sebagai Kepala Desa Kuripan sekitar satu pekan lalu.

Sebagai Kades yang menumbangkan Kades petahana, pihaknya tidak akan melakukan pergantian perangkat wilayah (Kadus) maupun perangkat Staf Desa, tetapi sebaliknnya pihaknya akan melakukan pembinaan dan penempatan para perangkat Desa sesuai dengan kemampuan dan keahlian mereka masing-masing.'' Saya tidak akan melakukan pergantin perangkat desa, baik di Dusun maupun staf Desa,'' kata Hasbi saat ditemui di kantornya, rabu. (13/2).

Ia menjelaskan, para Kades yang resmi dilantik pekan lalu, sudah diingatkan oleh Bupati Lombok Barat yang diperkuat dengan Surat Edaran (SE)  agar tidak melakukan pemberhentiaan perangkat Desa.'' Surat Edarannya hari ini sudah saya terima,'' ungkapnya.
Bupati memang menekankan, agar padar Kades baru tidak melakukan pemberhentian perangkat desa, pihaknnya sangat mendukung edaran dari Bupati, karena menurutnya dengan melakukan pergantian perangkat Desa, menunjukan kemunduran di pemerintahan desa tersebut.'' Mengganti posisi perangkat desa semakin mundur kinerja desa,'' tegasnya.

Jika ada Kades yang melalukan pemberhentian perangkat Desa, menurutnya itu satu kemunduran pemerintahan di desa, karena kalau diganti pasti akan sullit membangun pelayanan di desa, karena orang yang digantikan sudah berpengalaman, sedangkan orang yang menggantikan belum tentu lebih baik dari yang digantikan. Apalagi para perangkat desa sudah diberikan pelatihan-pelatihan untuk peningkatan SDM peranggkat desa.'' Saya tidak akan memecat, malah saya akan membina mereka.'' ujarnya.

Pihaknya berencana akan melakukan pembinaan, dengan berusaha melakukan penempatan perangkat desa, yang sesuai dengan kemampaun mereka masing-masing. Atau dengan kata lain, dirinya selaku Kades hanya akan melalukan roling posisi jabatan perangkat desa.'' Kita roling posisi perangkat desa, sesuai dengan kemampuan di bidangnya masing-masing,'' tegasnya.

Namun saat ini, karena sekarang keberadaan kantor desa sedang dalam masa perbaikan, setelah selesai perbaikan, baru setelah itu mereka akan rapat untuk posisi penempatan para perangkat desa.'' Kita tidak akan mencabut hak  mereka sebagai perangkat desa, malah kita amankan untuk perbaikan kinerja.'' jelasnya.

Dalam edaran tersebut sudah jelas disampaikan, Kades jangan sampai melakukan tindakan-tindakan tanpa aturan, dalam hal ini pemberhentian dan pengangkatan perangkat desa.'' Kalau ini dilakukan sama jaga melanggar larangan kepala desa,'' ujarnya.

Karena akan  membuat kondisi masyarakat gaduh, membuat kondisi di kantor desa gaduh, jika ada pergantian perangkat desa, karena para perangkat desa ini juga bagian bagi masyarakat desa. Ini bisa menyebabkan gangguan keamanan dan ketertiban di masyarakat.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) H.Lalu Edy Sadikin membernarkan bahwa surat edaran sudah dikirim dan diterima oleh semua Kades, sebagaimana yang sudah ditekankan Bupati, agar para kades tidak ada yang melakukan pemberhentian perangkat desa.'' Sesuai intruksi Bupati, SE sudah kita kirim kepada semua Kades,'' tegasnya (red)

Lorem ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.