Selasa, 29 Januari 2019

Pemkab Lombok Utara Menjalin Kerjasama Dengan Pemerintah Kerajaan Malaysia

Pemkab Lombok Utara Menjalin Kerjasama Dengan Pemerintah Kerajaan Malaysia

Seputarlombok.com | Lombok Utara – Dalam  memacu  perkembangan pembangunan Lombok Utara, Pemerintah Daerah Lombok Utara menjalin kerjasama dengan Pemerintah Kerajaan Malaysia dibidang pendidikan dan pariwisata. Dalam lima hari kunjungan kemalaysia dari tanggal 21-24 januari, Delegasi Pemerintah Kabupaten Lombok Utara yang diketuai langsung oleh Bupati Dr.H.Najmul Akhyar terdiri dari perwakilan opd dan wakil rakyat serta pengusaha daerah. Pemda Lombok Utara mengunjungi tiga tempat yaitu Kerajaan Negeri Terengganu, Kerajaan Negeri Selangor Dan Kerajaan Negeri Sembilan. Kunjungan yang dilakukan Pemda Lombok Utara merupakan kegiatan kunjungan resmi sebagai balasan atas kunjungan delegasi kerajaan negeri selangor yang terdiri dari 3 menteri daerah dan 16 pejabatteras di kerajaan negeri (provinsi) selangor dan majlis bandaraya (pemerintahan kota) shah alam (ibu negeri selangor) kekabupaten Lombok Utara pada 18 dan 19 desember 2018.

Dalam jumpa pers yang digelar Humas Setda Pemda Lombok Utara pada senin (28/1) di ruang rapat Bupati KLU. Dijelaskan, agenda-agenda pertemuan pada kunjungan resmi tersebut adalah pembahasan lanjutan dari diskusi-diskusi yang telah di adakan antara bupati lombok utara dan menteri daerah Negeri Selangor bidang pertanian dan industri hasil pertanian.

berita lainnya.

Penutupan Pelatihan Kewirausahaan Persit KCK Ditandai Dengan Penyerahan Sertifikat Pelatihan

SMAN 1 Sumbawa Sasaran Wasbang Dandim Sumbawa

 

Bupati Lombok Utara, h. Najmul Akhyar, mejelaskan, adapun hasil-hasil yang telah dicapai dari kunjungan balasan ke-3 kerajaan negeri (pemerintah provinsi) di malaysia, pada hariu pertama ke daerah kerajaan negeri sembilan bidang pembangunan luar kota dan disambut langsung tuan ismail ahmad dan menyampaikan langsung unutk pihak kerajaannegeri sembilan untuk melakukan kunjungan balasan ke klu . Selain itu juga dijadwalkan unutk menghadirir pertemuan resmi di negeri sembilan pada 24 januari 2019. Kemudian perjalanan dilanjutkanke kerajaan negeri terengganu dan langsung diterima oleh dewan perdagangan islam malaysia (dpim/kadin) wilayah terengganu.
Pada hari kedua (22 januari 2019) delegasi disambut secara resmi olehpemerintahnegeri terengganu di kantor menteri besar terengganu dalam pertemuan dialogis secara bilateral antara kedua daerah di 2 negara.

Dalam pertemua tersebut kita menyampaikan presentasi yang komprehensif mengenai potensi sumberdaya ekonomi di klu ini, dan  menteribesar terengganu tertarik dengan penawaran kerjasama. Sehingga  pada 28 februari - 3 maret 2019 daerah negeri terengganu dan perwakilan dpim sebagai wakil pengusaha ke klu untuk melakukan riset awal untuk memastikan berbagai potensi yang bisa segera dikerjasamakan. Dan menteribesar terengganu sendiri akan melakukan kunjungan resminya ke klu pada sekitar bulan juni 2019. Dalam pertemua tersebut disepakati kerjasama dalam bidang, perikanan dankelautan, dimanakerajaannegeri terengganu tertarik untuk mengimpor hasil laut dari klu  dan juga pendirian industri hilir dan olahan hasil laut berupa krupuk ikan, ikankemasan, ikankeringsertapengepakanprodukperikanandengansistem joint venture baikgoverment to government;government to businessmaupun business to business. Tidak kalah menarik dalam bidang perkebunan, dimana terengganu sangat tertarik untuk mengimpor kelapa santan dan kelapa muda dari klu karena harga kelapa di terengganu yang mencapai empat kali lipat dari harga di klu. Untuk pariwisata sendiri akan dilakukan join promotion dimanakerajaannegeri terengganu akan mempromosikan wisata klu dan klu pun akan mrmpromosikan wisata terengganu. Menteri. Sedangkan pada hari ketiga, bupati ke selangor, dan ditemui menteri daerah kerajaannegeri selangor bidang pertanian dan industri sealin itu juga akan di lakukan impor produk-produksiunggulanpertaniandari klu, seperti: jagung, kedelai, kelapasantan.  Mendirikan industri hilir untuk memproduksi pakan ternak di klu yang mana bahan bakunya tersedia berlimpah di KLU, sementara harga bahan tersebut sangat tinggi di selangor yang menyebabkan harga ternak di selangor pun tinggi.

Selain itu disepakati mengenai rencana pengiriman pegawai-pegawai dinas pertanian dari KLU untuk menjalani training peatihan di fruit valley untuk mengadopsikon sepdan platform fruit valley yang sesuai dengan kondisi dan rencana pembangunan bidangpertanian di klu. Menteri daerah juga menyatakan rencana rombongan dari kementerian yang beliau pimpin untuk datang berkunjung ke KLU pada pertengahan maret 2019 bersama dengan kunjungan resmi menteri besar selangor.
Adapun kesepakatan dicapai adalah mengenai kerjasama bidang pendidikan untuk meningkatkan kualitas sdm.
Dalam kesempatan yang sama pihak global peace mission malaysia menyampaikan bantuannya kepada bapak bupati lombok utara untuk membantu korban putingbeliung di gondang sebesar rm 10.000 dan menyatakan rencana kerjasama pihak gpm dengan pemerintah daerah untuk melatih pemuda pemudi di KLU dalam bidang misi kemanusiaan dan penanggulangan bencana alam.

Di hari terakhir, kunjungan resmi ke kantor menteri besar negeri sembilan dimana delegasi pemerintah daerah kabupaten lombok utara diterima oleh menteri daerah kerajaan negeri sembilan bidang pembangunan luar kota, dimana kedua pihak sepakat untuk menjalin kerjasama di bidang pariwisata dan pendidikan dimana pemerintah daerah klu dapat mengirimkan staf-staf pemerintahan di bidang perencanaan pembangunan  untuk menjalani  pelatihan di negeri sembilan sebagai bagian dari program peningkatan mutu sdm dan pihak pemerintah negeri sembilan menyampaikan rencana delegasi pemerintahnya untuk mengunjungi klu padaawal april 2019.

Dalam menutup perjalanan kemalaysia pemda klu, berdialogdenganwarga klu ygmenjadi tki di selangor dan terwujud dalam.pertemuan di perkebunan kelapa sawit yang dimilikisime darby di kawasan labu, negeri sembilan sebagai wujud perhatian dan kasih sayang pemerintah daerah kepada warganya yang merantau di malaysia.

Kunjungan balasan selanjutnya dari pihak kerajaan negeri selangor, negeri terengganu dan negeri sembilan ke klu telah teragendakan untuk bulan februari - juni 2019 yang akan datang sebagai wujud kesinambungan dari kerjasama bilateral yang produktif ini.
Kerjasama tidak hanya terjalin antara pemerintah kedua negara, 3 negeri dan 1 kabupaten, akan tetapi juga antara pengusaha melalui business matching yang akan diadakan bersamaan dengan kunjungan resmi dari malaysia kekabupaten lombok utara.(red)

Lorem ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.