Header Ads

ads header

Suruji Ngaku Kesulitan Angkat Nilai UN Siswa

SeputarLombok.com | Mataram - Merosotnya nilai Ujian Nasional (UN) siswa SMA beberapa tahun terakhir membuat Kepala Dinas Pendidikan Provinsi NTB, H. Moh Suruji geleng kepala.

Dalam konfrensi pers yang dilaksanakan oleh INOVASI bersama puluhan wartawan, Suruji mengakui jika pihaknya kesulitan untuk mengangkat nilai UN yang sudah terlanjur merosot ini.

Dia mengatakan, ada beberapa faktor yang menyebabkan hal itu terjadi. Antara lain adalah  kebijakan pusat yang menyatakan bahwa nilai UN bukan sebagai penentu utama kelulusan siswa.

"Karena memang nilai UN itu bukan sebagai penentu utama, maka terkadang siswa menganggap tidak perlu mengejar target dan bisa ditutupi dengan nilai yang lain," ungkapnya.

Meski begitu, dia mengatakan bahwa pendidikan di SMA sederajat memang tidak mesti harus diukur dengan nilai akhir pada UN saja.

Dia berpendapat bahwa yang lebih penting untuk dikedepankan pada peserta didik tingkat ini adalah pendidikan karakter untuk menuju karakter yang lebih positif.

"Kalau SMA (Sederajat-Red) saya rasa yang harus dikedepankan adalah pendidikan karakternya," sambung Suruji di hadapan insan pers, Selasa (18/12) di ruang Rinjani Room Hotel Lombok Raya. (fiq)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.