Header Ads

ads header

Laga KSM dan AKSIOMA di KKM MIN 2 Loteng Target Masuk Nasional

SeputarLombok.com | Lombok Tengah - Menyambut Hari Amal Bakti (HAB) Kemenag ke 73, Kelompok Kerja Madrasah (KKM) MIN 2 Loteng menggelar kegiatan Kompetisi Sains Madrasah (KSM) dan Ajang Kompetisi Seni dan Olahraga Madrasah (AKSIOMA).

Pembukaan gelaran tingkat Kabupaten yang dilaksanakan di KKM itu tampak meriah. Para peserta, guru pendamping dan para pejabat yang diundang pada awalnya dimanjakan dengan penampilan kelompok marawis MIN 2 Loteng yang tampil memukau. 

Usai lagu pertama, gemuruh tepuk tangan langsung terdengar dari tamu undangan dan peserta yang hadir. Termasuk para pejabat yang hadir, seperti Ketua Ketua Panitia di Bidang Olahraga HAB Kemenag Pusat yaitu Kabid PAKIS Kanwil Kemenag NTB, H. Jallaussayuti, Kepala Kemenag Loteng, H. Iskandar, Kasi Penmad Kemenag Loteng dan lainnya.

Kepala MIN 2 Loteng yang juga Ketua KKM setempat, Mahruf SAg.,MPd.I dalam sambutannya mengatakan, KSM dan AKSIOMA kali ini memiliki target yang cukup besar. 

"Kita upayakan melalui pembinaan dan laga KSM dan AKSIOMA ini, anak-anak kita bisa tembus tingkat nasional," ungkapnya. 

Mahruf mengatakan, target kali ini berdasar pada hasil tahun lalu ketika KKM MIN 2 tidak ada yang masuk tingkat nasional. 

"Hanya sampai tingkat provinsi saja, dan kita akan perbaiki hal itu bersama," sambutnya.

Harapannya, lanjut Mahruf, malalui laga KSM dan AKSIOMA kali ini bisa memunculkan bibit unggul untuk menggapai target tembus nasional dan mendapat emas di tingkat nasional itu nantinya.

Sementara itu, Ketua Ketua Panitia di Bidang Olahraga HAB Kemenag Pusat yaitu Kabid PAKIS Kanwil Kemenag NTB, H. Jallaussayuti dalam sambutannya mengatakan, pihaknya mengapresiasi kegiatan yang diselenggarakan KKM MIN 2 Loteng. 

Dia mengatakan, target nasional tidak terlalu tinggi dan akan bisa tercapai apabila pola pembinaan dan penggemblengan siswa tepat.

Hal itu bisa dilihat dari beberapa kali NTB memboyong emas lima tahun sebelumnya. 

"Memang menurun tahun lalu, dan saya yakin dengan pola pembinaan yang tepat, kejayaan lima tahun lalu ketika kita boyong emas bisa kembali kita dapatkan," yakinnya. 

Lebih yakin lagi, lanjut Jalal, hal itu sudah terbukti dengan sudah adanya santri madrasah yang bahkan bisa tembus tingkat internasional dalam bidang sketsa spektrum. 

"Ini harus jadi motivasi, bahwa santri kita di NTB sudah bisa tembus tingkat internasional, dan sekarang sudah dijadwal keliling 9 negara Asean," tandasnya.

Sebagai informasi, untuk laga KSM diselenggarakan Olimpiade Matematika dan Olimpiade Sains. Sementara untuk AKSIOMA sendiri digelar Tilawah Quran, Hifdzil Quran, lari 100 meter dan sepakbola sebagai olahraga penggembira. 

"Kita nanti kita bisa kolaborasikan dengan Dinas Pendidikan di O2SN. Kita akan buktikan bahwa madrasah bisa berpartisipasi bahkan berprestasi meskipun lintas instansi," ungkap Mahruf sebelumnya.

"Kita sudah komunikasi dengan dinas," tandasnya. (fiq)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.