Header Ads

ads header

KKM MIN 2 Siap Menuju Raport Digital

SeputarLombok.com | Lombok Tengah - Meski aplikasi yang akan digunakan operator madrasah akan bertambah banyak, tetapi ternyata untuk Kelompok Kerja Madrasah (KKM) MIN 2 Loteng menyatakan siap menggunakan aplikasi baru.

Aplikasi baru yang dimaksud adalah Aplikasi Raport Digital (ARD) yang baru-baru ini diluncurkan oleh Kementerian Agama (Kemenag) pusat demi menunjang pelaksanaan Kurikulum 2013 atau K-13.

Kepala MIN 2 Loteng yang sekaligus Ketua KKM, Mahruf SAg.,MP.d.I., mengungkapkan, 59 madrasah anggota KKM menyatakan siap menuju raport digital yang diluncurkan Kemenag.

Hal itu sebagai bentuk kesiapan madrasah di KKM yang diketuainya untuk melaksanakan K-13 yang selama ini sudah mulai diterapkan di sejumlah madrasah.

"Karena bagaimanapun juga, kami di KKM ini ingin total untuk menggunakan K-13. Tidak hanya di proses belajar mengajar, tetapi juga proses penilaian dan pelaporan nilai kepada orangtua siswa," ungkapnya.

Mahruf menjelskan, meski tidak ada program dari pemerintah, tetapi demi mensukseskan pelaksaan dan penggunaan ARD ini, pihak KKM berinisiatif melaksanakan Bimtek yang diikuti oleh Kepala Madrasah dan Operator Madrasah.

"Jumlah pesertanya mencapai 118 orang yang kami harapkan setelah Bimtek ini nantinya mereka bisa menelurkan ilmu itu ke kawan-kawan lain yang tidak bisa mengikuti Bimtek yang kami selenggarakan ini," jelasnya.

Sementara itu, Kabid Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag NTB, Hj. Muftatiah, SH.,MH., yang hadir pada saat pelaksanaan Bimtek ini mengatakan, peningkatan kapasitas dan pendampingan K13 dalam kerangka mutu pendidikan mdrasah salah satunya adalah penilaian. 

"Penilaian yang akurat berdampak pada motivasi dan perhatian guru, orang tua dan steakholder," ungkapnya.

Lebih jauh dia memberikan apresiasi tinggi kepada pihak MIN 2 Lombok Tengah yang telah menginisiasi terselenggaranya Bimtek ini. Sebab, hal itu sangat perlu dilaksanakan karena tujuannya adalah memberikn kemudahan bagi guru dan steakholder untuk mengakses tingkat perkembangan peserta didik di madrasah.

"Saya sangat apresiasi sekali terhadap MIN 2 Lombok Tengah ini karena ini merupakan bentuk perhatiannya terhadap anggota KKM yang kesulitan mengakses informasi berstandar teknologi," apresiasinya. (fiq)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.