Header Ads

ads header

Sebelum Pergantian Tahun, RAPBD Bakal Dituntaskan

SeputarLombok.com | Lombok Tengah – Sidang paripurna dengan agenda penyampaian pengantar nota keuangan dan rancangan peraturan daerah tentang APBD digelar pada Jumat, (02/11).

Dalam sidang itu, Wakil Bupati Lombok Tengah, HL Pathul Bahri Ghani, S.Ip di hadapan sidang menyampaikan jika nota keuangan dan RAPBD Lombok Tengah tahun 2019 harus segera dibahas dan dituntaskan sebelum pergantian tahun.

“Dengan harapan kegiatan yang telah direncanakan dalam APBD tahun anggaran 2019 dapat segera dilaksanakan dan diselesaikan lebih awal sehingga hasil dan manfaatnya dapat segera pula dirasakan terutama bagi masyarakat Tatas Tuhu Trasna,” ungkapnya.

Secara garis besar, lanjut dia, berdasarkan strategi dan arah kebijakan dengan memperhatikan permasalahan pembangunan yang dihadapi di Kabupaten Lombok Tengah, telah dirumuskan kebijakan umum pembangunan daerah kabupaten lombok tengah yang tertuang  dalam RPJMD tahun 2016-2021 yang diprioritaskan pada lima prioritas pembangunan, yaitu penghayatan dan pengamalan nilai-nilai agama dan kearifan lokal, peningkatan akses dan mutu layanan pendidikan kesehatan dan kesejahteraan sosial, penguatan struktur ekonomi dan pengelolaan sumber daya alam, peningkatan kualitas infrastruktur kabupaten dan penataan wilayah perkotaan Praya, dan peningkatan kapasitas pemerintah daerah dan pelayanan publik.

“Pada tahun 2019, pemerintah Kabupaten Lombok Tengah akan memasuki tahun keempat pelaksanaan rpjmd tahun 2016 – 2021, dimana target-target capaian yang telah ditetapkan memasuki tahapan pertengahan sehingga perlu percepatan pada penyelenggaraan berbagai urusan pemerintahan yang telah dilimpahkan atau menjadi kewenangan pemerintah daerah,” sambungnya.

Sementara sebagai gambaran umum RAPBD, Pathul memaparkan penganggaran pendapatan daerah pada rancangan apbd tahun anggaran 2019 secara total ditargetkan sebesar Rp.1.997.251.932.850.

Sementara terkait proritas pembangunan bagi Kabupaten Lombok Tengah antara lain peningkatan infrastruktur, peningkatan kualitas dan kemudahan akses pelayanan dasar pendidikan, pelayanan dasar kesehatan, pelayanan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil kepada masyarakat, pelayanan perizinan, mendukung upaya pengentasan kemiskinan, peningkatan kualitas, pengembangan dan pemasaran produk unggulan daerah, dukungan terhadap pariwisata, serta berbagai prioritas lainnya dalam rangka mendukung capaian target berbagai program yang tertuang dalam rpjmd kabupaten lombok tengah tahun 2016 – 2021.

“Pagu anggaran belanja langsung pada rancangan APBD tahun anggaran 2019 yaitu sebesar Rp.884.027.190.731,25, diarahkan untuk menunjang percepatan capaian prioritas pembangunan,” jelasnya.

Sementara itu, pimpinan sidang, HL Nasip menyampaikan bahwa masing-masing fraksi akan menyampaikan pandangannya terhadap RAPBD ini pada Selasa, 06 November mendatang.

“Pada Selasa, 06 November mendatang akan dilaksanakan kembali sidang dengan agenda pandangan masing-masing fraksi nota keuangan dan RAPBD ini,” tutupnya. (fiq)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.