Kamis, 15 November 2018

Lebur Perbedaan, PSMTI Resmikan Mushalla di Loteng

SeputarLombok.com | Lombok Tengah - Perbedaan ras, suku dan agama tampaknya tidak menjadi penghalang bagi Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) untuk membantu masyarakat terdampak gempa di Lombok Tengah.

Buktinya, organisasi masyarakat etnis Tionghoa yang terdiri dari beberapa agama ini membantu masyarakat Dusun Tanak Embang Daye Desa Selebung untuk membangun Mushalla di lokasi itu. 

Ketua PSMTI NTB, Prajadi Agus Winaktu dalam smabutannya mengatakan, musibah yang terjadi di Indonesia terutama di Loteng telah menggugah hati nurani warga etnis Tionghoa untuk membantu dalam konteks bantuan sosial.

Tapi dalam perjalanannya, pasca dicabutnya masa tanggap bencana, maka PSMTI ingin memberikan sesuatu yang berharga bagi masyarakat. 

"Dan kami yakin, yang lebih berharga dari rumah pribadi atau apapun juga adalah rumah ibadah, maka kami atas restu seluruh anggota dan PSMTI pusat mensuport hal itu," ungkapnya. 

Lebih jauh dikatakan, rumah ibadah yang dibangun di dua tempat ini diharapkan menjadi bukti sejarah bahwa perbedaan etnis, suku bahkan keyakinan tidak akan bisa menjadi pemisah persaudaraan antara sesama rakyat Indonesia.

"Kami hanya meminta agar apa yang sudah kami persembahkan ini dijaga agar menjadi sejarah bahwa di tempat ini kita sudah pernah bersama saling membantu dan kita tetap bersaudara," pintanya. 

Sementara itu, Kasi Pemberdayaan Masyarakat Kecamatan Batukliang, HM Syukri yang mewakili camat setempat mengatakan sangat bersyukur atas bantuan yang diberikan oleh PSMTI ini. 
Apalagi, pemerintah saatbl ini sedang berada dalam masa sulit karena bencana tidak hanya terjadi di Lombok saja, melainkan merata di seluruh Indonesia.

"Ini adalah hal yang sangat luar biasa, dan kami menghimbau kepada masyarakat kami juga untuk menjaga rumah ibadah ini," himbaunya. 

Sementara salah satu tokoh masyarakat setempat yang menjadi pengurus Muahalla ini mengatakan, bantuan yang diberikan PSMTI berbentuk nyata dan bukan hanya umbaran janji seperti kebanyakan pihak. 

"Jujur saya katakan, awalnya kami kira janji dari Tuan Lay (Ketua PSMTI Loteng-Red) hanya bualan semata seperti kebanyakan pihak yang datang, tapi kami salah janji itu malah segera ditepati dan sekarang kami nikmati rumah ibadah ini," pujinya. 

Untuk dimaklumi, PSMTI sendiri membangun dua rumah ibadah di Lombok Tengah, yaitu Mushalla Alfurqon di Dusun Tanak Embang Daye Desa Selebung dan Mushalla Albaiti di Dusun Gontoran Desa Teratak. (fiq)

Lorem ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.