Minggu, 18 November 2018

Hj Sari Yuliati : Tradisi Begangsingan Harus Bisa Menasional


seputarlombok.com | Lombok Barat - Tradisi Begangsingan yang digalakkan oleh masyarakat pulau Lombok mendapatkan perhatian dari salah satu Calon Anggota Legislatif DPR RI Daerah Pemilihan (Dapil Pulau Lombok) Hj Sari Yuliati. Menurutnya tradisi begangsing yang dilestarikan oleh masyarakat Lombok ini sangat khas dan identik sekali baik dalam segi cara bermain maupun dari bentuk gangsingan yang digunakan untuk bermain." Saya senang sekali, ternyata ada kebudayaan bermain gangsing seperti ini," kata Sari sat ditemui di acara penutupan turnamen Begangsingan Umar Sa'id Cup 2018.

Sebagai bentuk perhatian atas keberadaan tradisi ini, Hj Sari akan berusaha membawa permainan ini bisa menembus permainan Nasional, sehingga nanti begangsing ini bisa masuk dalam seni permainan tradisional ditingkatkat Nasional." Permainan ini harus kita viralkan dan akan saya bawa hingga ke Nasional,"tegasnya.

Untuk mempertahankan tradisi ini, jika dirinya terpilih menjadi wakil rakyat di DPR RI, akan diupayakan adanya sebuah payung hukum yang nantinya bisa mengatur keberadaan permainan-permainan tradisional yang ada di Lombok." Nanti kita upayakan payung hukum untuk mempertahankan tradisi budaya masyarakat Lombok." tegasnya.

Sementara itu,H Umar Sa'id menambahkan tradisi begangsing sudah mulai ia gemar sejak terpilih menjadi anggota DPRD Lobar sejak tahun 2009 lalu." Ini cara saya untuk menjaga tradisi budaya masyarakat yang senang dengan permainan ini," ujarnya.

Untuk hadiah memang tidak besar, namun pemain tidak melihat hadiah, tetapi lebih kepada upaya mempertahankan tradisi begangsing yang sudah hampir. Untuk hadiah siapkan satu sepeda motor, TV LED dan kulkas." Mereka tidak lihat hadiah, tapi lebih kepada kesenangan semata," tegas Umar.(rd)

Lorem ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.