Header Ads

ads header

Peringatan Sumpah Pemuda di Loteng Khidmat

SeputarLombok.com|Lombok Tengah - Peringatan Hari Sumpah Pemuda jajaran Satuan Kerja Pelayan Masyarakat (SKPM) Loteng berlangsung khidmat. Kegiatan yang terpusat di halaman Kantor Bupati Lombok Tengah dihadiri Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkorpimda), SKPM, dan ASN, serta perwakilan pelajar se Loteng.

Wakil Bupati Loteng, HL Pathul Bahri selaku Inspektur upacara dalam Kesempatan itu membacakan sambutan Menpora menyampaikan, jika momentum itu mengusung tema ‘Bangun Pemuda, Satukan Indonesia’. 

Rakyat Indonesia saat ini memperingati hari yang sangat bersejarah bagi bangsa Indonesia. Sebab, sumpah pemuda merupakan pondasi yang dibangun para pemuda di era 1928. Sehingga, pemuda mesti merefleksikan diri dengan bangkit serta ikhtiar membangun daerah menjadi lebih baik.

“Revolusi mental yang dicanangkan Presiden Joko Widodo (Jokowi), sangat relevan dalam mewujudkan pemuda yang maju,”  terang Pathul membacakan sambutan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI, Imam Nahrawi.

Ia menegaskan, Tema peringatan sumpah pemuda yakni‘Bangun Pemuda, Satukan Indonesia’ ini diambil atas dasar pentingnya pembangunan kepemudaan guna melahirkan generasi muda yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, cerdas, kreatif, inovatif, mandiri, demokratis, bertanggungjawab.

“Ciri pemuda yang maju adalah pemuda yang berkarakter, berkapasitas dan berdaya saing,” kata Pathul menggutip ungkapan Presiden Jokowi tentang revolusi mental. 

Revolusi mental harus dapat dijadikan pemicu untuk mempercepat terwujudnya pemuda yang maju. Dengan mewujudkan pemuda yang maju, berarti menghasilkan bangsa yang hebat.

Ia mencontohkan, perhelatan Asian Games 2018, atlet-atlet muda Indonesia bersaing dengan bangsa-bangsa Asia dan berhasil menduduki peringkat ke-4, serta di ajang Asian Para Games para atlet Indonesia berhasil menduduki peringkat ke-5.

“Sehingga, ini merupakan sejarah baru kebangkitan olaharaga Indonesia. Karenanya, prestasi ini harus dijadikan spirit untuk terus membangun optimisme pemuda Indonesia.  Karenanya, dengan bekerja keras, kita bisa mewujudkan prestasi di berbagai bidang,” pungkasnya. (fiq)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.