Header Ads

ads header

Bukan PSK, HIV/AIDS Malah di Dominasi IRT di Lobar


seputarlombok.com | Lombok Barat- Komite Penaggulangan HIV/Aids (KPA) Kabupaten Lombok Barat mencatat, sesuai data dari Provinsi NTB, Lobar merupakan urutan ketiga  kasus HIV/Aids, setelah Kita Mataram dan Lombok Timur.

Bahakan sesui data KPA Lobar tahun 2018 justru kasus HIV/Aids, sesuai dengan profesi lebih banyak didominasi para Ibu Rumah Tangga.

Saat ditemui Wartawan ditempat kerjanya kamis (11/10), Sekretaris KPA Lobar H.M. Djunaidi mengatakan, jumlah IRT yang terkena HIV/Aids di Lobar sebanyak 27 orang.

"Sesui data yang kami himpun, bahwa IRT pada tahun 2018 ini termasuk yang mendominasi angka kasus HIV/Aids, setelah yang berprofesi sebagai Karyawan Swasta sebanyak 38 orang," jelasnya.

Adapun kegiatan dari Pemda Lobar sendiri melalu KPA Lobar dalam mengatasi kasus HIV/Aids, telah  melakukan berbagai upaya, baik melalui sosialisasi, pemeriksaan kesehatan, dan konseling.

"Kami akan mencoba melakukan pencegahan mulai dari hulunya, yakni memberikan konseling kepada pasangan suami istri yang akan menikah termasuk memeriksanya, sedangkan sosialisasi sendiri tetap kita adakan dikalangan masyarakat," jelas Djunaidi.

Dalam tahun 2018 ini di Lobok Barat tercatat sampai dengan bulan september sudah 3 orang yang meninggal dunia, akibat terkena kasus penyakit HIV/Aids. (ir)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.