Header Ads

ads header

Belasan Ribu Santri Berbaur Di HSN Tahun Ini

SeputarLombok.com|Lombok Tengah - Peringatan Hari Santri Nasional (HSN) di Lombok Tengah tahun ini berbeda. 

Kegiatan tahunan yang sudah di SKK-an Presiden tahun ini diselenggarakan langsung oleh Pemda Lombok Tengah dan diikuti oleh belasan ribu santri dari seluruh wilayah Lombok Tengah. 

Yang berbeda juga, para santri yang mengikuti defile dari Masjid Agung Lombok Tengah menuju halaman Kantor Bupati itu tidak hanya berasal dari satu organisasi keagamaan saja, tetapi dari beberapa organisasi keagamaan yang berada di Gumi Tastura. Seperti NU, NW dan Muhammadiyah.

Sekretaris Jendral PCNU Loteng, Lalu Rupawan Joni kepada media ini menjelaskan, menurut informasi yang ditetima dari pihak Pemda, kegiatan ini diikuti oleh sekitar 14 ribu santri dari 54 Madrasah se Loteng. 

"Yang diundang dan didata sebenarnya ada sekitar 54 Madrasah, tetapi yang hadir lebih dari itu, karena memang ada juga madrasah yang walaupun tidak diundang tetapi ikut memeriahkan," jelasnya. 

Tidak diundangnya seluruh Ponpes karena keterbatasan tempat untuk pelaksanaan upacara serta jarak tempuh Ponpes asal ke lokasi acara yang cukup jauh.

Sehingga pada dasarnya untuk masing-masing madrasah hanya diminta menghadirkan satu peleton santri yang terdiri dari 30 orang. 

"Tapi mungkin karena semangat Resolusi Jihad itu, ada madrasah yang mengirim pasukan hingga ratusan bahkan ribuan," sambungnya. 

Sebagai pengurus PCNU, Lalu Rupawan Joni mengucapkan terima kasih kepada pihak Pemda yang telah menyelenggarakan HSN tahun ini dengan konsep persatuan untuk negeri. 

"Saya mewakili semua Organisasi Keagamaan di Lombok Tengah berterima kasih dan memberikan apresiasi yang tinggi bagi Pemda sebagai penyelenggara," tutupnya. 

Pantauan media ini, belasan ribu santri dilepas dari Masjid Agung Lombok Tengah menuju Kantor Bupati Lombok Tengah sebagi titik kumpul dan pusat kegiatan. 

Bahkan, karena banyaknya santri yang mengikuti HSN tahun ini, halaman kantor Bupati Lombok Tengah tidak mampu menampung santri yang mengikuti upacara HSN. 

Barisan para santri sampai keluar ke badan jalan utama depan kantor bupati dengan penjagaan dari aparat kepolisian. Arus lalu lintas juga dialihkan melalui belakang kantor bupati dan belakang kantor BRI Cabang Praya. (fiq)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.