Header Ads

ads header

Rumah Imfak Indonesia Membangun 100 Mushalla Untuk Korban Gempa Di Lombok


Seputarlombok.com | Lombok Utara – Melihat kondisi Pulau Lombok pasca gempa M=7,  hampir 80 % bangunan dikabupaten lombok utara khususnya rusak parah, mulai dari rumah warga, tempat ibadah, pondok pesanten, sekolah, fasiltas umum, dan gedung peemrintahan. Rumah infaq indonesia melihat semua itu tergerak unutk membangun 100 mushalla untuk korban gempa, terutama di daerah pinggiran dan pelosok yang akses komunikasi bahkan ttransportasi masih belum terjangkau.

Dusun Dasan Baro, Desa Teniga, menjadi bidikan dari Rumah Infaq Indonesia untuk dibangunkan mushalla, pasalnya hampir 100 persen bangunan didususn tersebut hancur dan rata dnegan tanah oleh gempa yang terus menerus mengguncang. Disisi lain, banyak sekali hafiz cilik didususn tersebut membutuhkan mushalla dan pondok. Sekitar 115 jiwa hafiz cilik bingung mencari pondok dan tempat untuk mengembangkan dan mengasah kemampuannya.

Salah seoarang pemilik TPQ, nurfadli halil didusun tersebut, sangat bingung untuk membangun kembali pondoknya, karena melihat anak-anak didusun tersebut sudah tidak lama mengaji pasca gempa, sehingga dengan bantuan rumah infaq indonesia, ia akan segera mempunyai pondok sementara dan mushalla darurat. ‘Kami sangat terbantu sekali dengan adanya rumah infaq ini, selain membangun pondok, mushalla dan memberikan kita kelengkapan iabdaha untuk masyarakat, kami juga dibantu logistik setiap hari.’paparnya.

Ketua Umum Rumah Infaq Indonesia, Yusman Dawolo, saat peresmian salah satu mushalla di dususn dasan baro, desa teniga kecamatan tanjung  jumat (21/9), menejaskan, untuk awalnya akan membangun 5 unit mushalla di lombok utara sekaligusa sementara mendata lokasi pinggiran yang aksesnya sulit. Mushlla dibangun dengan ranggka baja dan spandek ukuran 10 kali 10 meter, pembangunannya akan dipercepat karena melihat kebutuhan masyarakat sekitar, pembangunan mushalla tersebut hanya di lakukan satu minggu bersama masyarakat dan tukang yang dibawa oleh Rumah Infaq. Unutk Pembangunan satu unit mushalla tersebut hanya menghabiskan dana sekitar 22 juta rupiah lebih.    

Untuk saat ini yang sudah masuk lokasi pembangunan mushalla ke rumah infaq indonesia baru delapan lokasi. Rumaq infak juga melihat sikap gotong royong dari masyarakat membuatnya kagum, jika ada tanah wakaf maka kita akan siap untuk membangunkan mushalla.’tegasnya. 

Selain membnagun mushalla juga akan membangun  masjid dibeberpa tempat dlombok untuk korban bencana, tidak sampai dipembanguan saja, rumah infaq akan tetap memantau mushalla yang sudah dibangun, agar tetap terisi dan digunakan, bahkan jika anak-anak didaerah tersebut jika ingin meningkatkan kemapuan dalam belajar, akan dibina dan di bawa ke pondok pesantren yang ada di pulau jawa. (mu)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.