Selasa, 04 September 2018

Masyarakat Semarang Berikan Bantuan Kepada Korban Gempa di Lobar

Serah Terima Bantuan : Ketua DPRD Lobar menerima bantuan dari Wakil Bupati dan Ketua DPRD Semarang, untuk korban gempa di Lombok Barat

seputarlombok.com | Lombok - Serah terima bantuan logistik untuk korban gempa di Lombok Barat dari Masyarakat, DPRD Kabupaten Semarang dan Pemda Kabupaten Semarang, diterima di kantor DPRD Lobar oleh Ketua DPRD Lobar Imam Kafali, Wakil Ketua DPRD Lobar H. Sulhan Mukhlis. Sekda Lobar H.M Taufiq. Bantuan senilai Rp 80 juta diserahkan oleh Wakil Bupati Semarang Ngesti Nugraha bersama Ketua DPRD Semarang H.Bambang Kusriyanto. (4/9).

Wakil Bupati Semarang Ngesti Nugrahan mengatakan bantuan uang diberikan ini berasal dari bantuan pribadi pada Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemkab Semarang, anggota DPRD Semarang, para pengusaha, Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang ada di Semarang, BUMD serta dari para donatur yang tergerak hatinya untuk membantu korba gempa yang ada di Lombok.

'' Bantuan ini dari masyarakat Semarang untuk masyarakat Lombok,'' kata Ngesti.

Jenis bantuan yang senilai Rp 80 juta ini terdiri dari beras sebanyak 5 ton, selimut 250 lembar, terpal 25. biskuit 33 dus, 450 paket makanan ringan untuk anak-anak.

'' Nilai bantuan ini sekitar Rp 80 juta,'' tegasnya.

Ketua DPRD Semarang H.Bambang menuturkan di DPRD Semarang baru saja menyelesaikan pembahasan APBD Perubahan, usia melakukan pembahasan, para anggota DPRD mulai dari semua fraksi saat diajakn untuk memberikan  bantuan dan kunjungan setelah pembahasan APBD selesia. Ternyata fraksi setuju untuk berkegiatan sosial di Lombok dan memberikan bantuan dari kantong pribadi mereka.

'' Bantuan ini bukan menggunakan APBD, tapi dari uang pribadi,'' katanya.

Penyaluran bantuan sudah disalurkan selama dua kali, sebelumnya bantuan disalurkan ke Lombok Utara, kemudian ke Lombok Barat. Jika tidak ada halangan dan masih ada rezeki tidak menutup kemungkinan bantuan akan disalurkan lagi untuk wilayah Lombok Timur.

'' Kalau masih ada kesempatan kita ingin menyalurkan  bantuan ke Lombok Timur,'' tegasnya.

Ketua DPRD Lobar Imam Kafali yang menerima rombongan menyampaikan kondisi Lombok Barat saat ini, dimana akibat gempa ini, sekitar 57 ribu rumah yang mengalami rusak, baik rusak berat, ringan maupun sedang. Jumlah korban meninggal sebanyak 48 orang, luka berat 258 dan luka ringn  695 orang. Sedangkan kerusakan fasilitas berupa sekolah sebanyak 174 unit, fasilitas kesehatan sebanyak 61 unit, Fasilitas ibadah 435 unit, Jembatan 7 unit, dan kios sebanyak 294 unit.

'' Dengan adanya bantuan ini tentu akan sangat membantu masyarakat Lobar,'' katanya.

Terhadap kondisi Lobar saat ini belum bisa bekerja secara efektif, termasuk pemerintah daerah dan DPRD Lobar, bahkan sampai saat ini pembahasan untuk APBD perubahan dan APBD murni belum bisa dilakukan, karena terdampak akibat bencana.

'' Kita bersama berdoa agar Lombok bisa secepatnya bangkit dan normal kembali,'' harapnya.

Untuk penyaluranm sudah ada dari BPBD Lobar yang nantinya akan mengatur dan menyalurkan kemana saja akan diarahkan semua bantuan yang berasal dari masyarakat Semarang.(rd)

Lorem ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.