Senin, 03 September 2018

Guru Kesulitan Terapkan K-13 Di Madrasah, KKM MIN 2 Loteng Lakukan Langkah Ini

SeputarLombok.com | Lombok Tengah - Ratusan guru Madrasah Ibtidaiyah atau MI mengaku kesulitan menerapkan kurikulum 2013 atau K-13 kepada peserta didiknya.

Hal itu terungkap pada saat dialog antara sejumlah dewan guru dengan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama dalam acara Workshop Implementasi K-13 bagi guru di lingkup KKM MIN 2 Lombok Tengah.

Salah satu guru dari MI Annur Puyung, Nurhayati mengungkapkan, K-13 belum bisa ia terapkan di kelas karena terkesan bahwa peserta didik belum siap untuk menerima kurikulum yang lebih menekankan pada kemandirian siswa itu.

Sebab, para siswa terutama yang berada di kelas rendah, masih banyak yang tidak mengikuti pendidikan pra sekolah sehingga kesulitan untuk membaca, menulis dan berhitung.

“Kami kesulitan pak, apalagi, anak didik kami masih banyak yang belum bisa baca tulis,” keluhnya.

Menjawab keluhan itu, kepala Kanwil Kemenag NTB, H.Nasarudin mengungkapkan, kemampuan guru dalam mengolah peserta didik sebenarnya lebih penting dari pengembangan kurikulum itu sendiri.

Sehingga, pihaknya memberikan apresiasi terhadap KKM MIN 2 Lombok Tengah yang telah menyelenggarakan workshop tersebut sebagai salah satu bentuk pengembangan keterampilan guru dalam mengaplikasikan K-13 di madrasah.

“Inilah salah satu langkah untuk meningkatkan kemampuan guru agar bisa melaksanakan K-13 bagi peserta didiknya, dan kami apresiasi terhadap langkah yang diambil oleh KKM MIN 2 Lombok Tengah ini,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua KKM MIN 2 Lombok Tengah, Mahruf,SAg,MPd membeberkan jika pelaksanaan workshop ini akan dilaksanakan selama 6 hari berturut-turut dan akan diikuti oleh 126 orang guru kelas se kkm min 2 loteng dari 56 madrasah se Kecamatan Jonggat-Pringgarata.

“Ini merupakan jawaban nyata kami dari pihak Madrasah bagi guru yang selama ini merasa kesulitan menerapkan K-13 di masing-masing madrasahnya,” terang Mahruf.

Dia berharap, dengan pelaksanaan workshop tersebut, para guru lebih siap dan lebih mumpuni dalam melaksanakan k-13 di masing-masing madrasah. (fiq)

Lorem ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.