Header Ads

ads header

Lombok Tengah Sasar 250 Ribu Anak Imunisasi MR

Foto: HumasPro Setda Loteng
SeputarLombok.com | Lombok Tengah - Program imunisasi campak rubella di Lombok Tengah menyasar 250 ribu anak atau hampir 1/4 dari total jumlah masyarakat yang ada di kabupaten Lombok Tengah. 

Pemkab sendiri mencanangkan program ini dilaksanakan selama 2 bulan yaitu bulan Agustus hingga September mendatang dan sudah dimulai sejak tanggal 1 Agustus.

Kepala Dinas Kesehatan Lombok Tengah, H. Omdah menjelaskan, pihaknya akan menyasar anak usia sekolah pada bulan Agustus, sedangkan bulan selanjutnya akan digunakan untuk mengimunisasi anak yang berusia 9 bulan hingga usia PAUD. 

Dijelaskan Omdah, pihaknya menerjunkan sekitar 250 tenaga kesehatan dari Dikes untuk melaksanakan program ini, sementara tenaga lain yang digunakan adalah sejumlah kader Posyandu yang sudah diberi pelatihan sebagai pendamping.

“Ini adalah program nasional, dan ini penting dilakukan,” ungkapnya.

Lebih jauh Omdah menjelaskan, imunisasi campak rubella ini untuk mencegah sejumlah penyakit yang kemungkinan menyerang anak usia 9 bulan hingha 15 tahun. 

Penyakit itu mencegah penyakit campak serta kecacatan yang disebabkan virus rubella yang bisa menyerang jantung, mata hingga telinga yang bisa mengancam jiwa.

Termasuk penyakit stunting yang sebelumnya menyita perhatian pemerintah pusat karena jumlahnya yang cukup tinggi di Lombok Tengah.

Terkait masalah dana, Omdah menjelaskan jika dana yang digunakan dalam program imunisasi Campak Rubella ini berasal dari pusat dan beberapa persen dana sharing dari daerah.

Dari total 250 ribu anak yang didaftar, minimal 90 persen akan tuntas pada masa 2 bulan pelaksanaan ini. (fiq)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.