Header Ads

ads header

KTM Peduli Gempa Lombok, Jadi Imam dan Berikan Trauma Healing

TGH Muammar saat bertemu warga korban Gempa di dusun Mekar Sari Kabupaten Lombok Barat

Seputarlombok.com |Lombok Barat -Musibah gempa yang terjadi di Lombok pada minggu lama lalu menyita perhatian, semua warga masyarakat di NTB bahkan masyarakat nasional tergerak hatinya untuk membantu masyarakat yang menjadi korban gempa.

Seperti yang dilakukan oleh ulama muda dari Kota Mataram TGH Muammar Arafat yang melakukan aksi penggalangan dana untuk korban gempa baik yang ada di Lombok Utara. Lombok Timur dan Lombok Barat. 

Tergabung dalam komunitas Kak Tuan Muammar (KTM) mereka mengumpulkan donasi untuk disumbangkan kepada para korban, seperti yang sudah dilakukan kemarin, Muammar menyisir warga masyarakat korban gempa yang ada didaerah-daerah terpencil. Ulama muda ini sengaja turun lansung bersama timnya untuk menyentuh warga masyarakat korban gempa agar mereka bisa secepatnya menikmati bantuan karena kondisi mereka yang sudah sangat memperihatinkan. 

KTM membentuk posko untuk penggalangan dana, Dusun yang pertama dituju di Lombok Barat tepatnya di Kecamatan Gunung Sari yakni Dusun Penimbung Desa Mekarsari. Saat berada di dusun ini, selain membawa bantuan logistik, Mummar juga memberikan nasehat atau wejangan kepada para korban, sebagai tuan guru, Muammar berusaha menanangkan para warga yang mengungsi untuk  bersabar dan menghadapi semua cobaan yang datang menimpa mereka.'' Kami hadir tidak hanya  membawa bantuan, tetapi juga menenangkan warga masyarakat untuk bersabar karena bencana ini adalah ujian dari Allah SWT,'' imbuhnya.

Di dusun ini, ia bersama tim juga bertemu dengan umat hindu, Muammar melayani dan mendengarkan keluh kesah para korban yang sampai hari itu belum mendapatkan perhatian dari pemda. Warga mengajak KTM untuk melihat tempat ibadah mereka yakni pura yang rusak akibat gempa.'' Dalam membantu kita tidak mempedulikan latar belakang suku agama, ustaz muda yang sedang viral ini juga menemui masyarakat hindu di dusun Mekar Sari,'' terangnya.

Ia melihat kondisi masyarakat para korban, merasa senang ketika di kunjungi oleh tim KTM,meskipun datang dengan membawa bantuan ala kadarnya, tetapi para korban merasa senang karena ada yang perhatian sama mereka, pemerintah saja belum datang, malah warga orang lain yang kebutulan tokoh agam yang kebih dahulu mendatangi dirinya.'' Tuan guru adalah yang pertama datang ketempat kami,'' ujarnya.

Didusun ini Muammar bertemu dengan masyarakat yang berasal dari linstas agama didusun ini, selama mendatangi para korban Muammar diminta untuk memberikan pengajian pendek dan memberikan mereka trauma healing untuk tetap ingat kepada Allah, bahkan warga masyarakat memintanya untuk menjadi imam sholat.'' Saya juga diminta untuk menjadi imam sholat,'' ungkapnya.

Selesai di Lobar, Mummar kemudian melanjutkan aksi peduli korban gempa ke wilayah pemenang, tepatnya di dusun Tebango Kecamatan Pemenang, di tempat ini Muammar prihati sekali, karena kondisi masyarakat yang terpencil tanpa ada fasilitas untuk mereka berwuduk, apalagi untuk mandi,'' Saya sedih karena melihat kondisi mereka serba terbatas sekali,'' tuturnrya.

Meski begitu masyarakat tetap bersyukur karena bisa menjangkau mereka, karena bantuan hanya bisa sampai di bawah yang nampak dijalan sedangkan yang tempat terpencil tidak ada bantuan yang sampai.'' Syukur tuan guru bisa menerobos sampai ketempat kami,'' tuturnya.(rd)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.