Rabu, 15 Agustus 2018

Caleg Yang Diduga Tersangkut Tipikor Ternyata Lolos di KPU Loteng

SeputarLombok.com|Lombok Tengah - Bursa pencalonan legislatif lombok tengah mulai menuai sorotan tajam dari sejumlah kalangan.

Pasalnya, KPU Lombok Tengah diduga telah melanggar aturan dengan meloloskan bakal calon legislatif yang tersangkut kasus tindak pidana korupsi.

Caleg yang dimaksud adalah caleg dari Partai Demokrat, Syamsudin dan mendapat nomor urut 6 di dapil 5 Jonggat  -Pringgarata.

Menurut informasi yang didapatkan media ini, yang bersangkutan ternyata merupakan mantan kepala desa pemepek desa pringgarata yang sebelumnya tersangkut kasus Tipikor.

Syamsudin dikabarkan ditangkap tangan oleh Saber Pungli pada kasus pungli rekomendasi Galian C di desa setempat dengan barang bukti Rp. 4,5 juta.

Mengenai hal ini, ketua devisi teknis kpu lombok tengah sansuri menegaskan jika kpu hanya menverifikasi persyaratan bacaleg yang diserahkan oleh partai.

Dari semua syarat itu, lanjut dia, syamsudin dinilai lulus sebagai daftar calon sementara atau dct. Sebab, persyaratan yang diajukan partai sudah memenuhi untuk ditetapkan menjadi DCT.

Hanya saja, pihaknya memastikan akan melakukan klarifikasi terhadap yang bersangkutan dan kepada partai pengusung agar pihaknya juga tidak terjebak dan dikatakan melanggar aturan yang ada.

“Kita akan lakukan klarifikasi kepada yang bersangkutan dan partai, jika nanti ada bukti pasti akan kami coret dari DCS dan tidak mungkin masuk jadi DCT,” tegasnya.

Lebih jauh Sansuri mengatakan, jika yang bersangkutan terbukti dengan surat keputusan yang ingkrah dari pengadilan melakukan pelanggaran tipikor, maka secara otomatis sesuai atura yang ada akan dicoret dari daftar calon sementara dan tidak bisa masuk menjadi daftar calon tetap. (fiq)

Lorem ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.