Senin, 27 Agustus 2018

Anggota Dewan Kritisi Minimnya Dana Tanggap Bencana



Minimnya dana tanggap darurat yang dimiliki pemerintah serta lambannya Badan Amil Zakat, Infaq, dan Shadaqah (Baznas) Daerah Lombok Barat (Lobar) dalam menyikapi kejadian bencana, memantik kritik pedas dari anggota DPRD Lobar H. Ahmad Zaenuri.
Untuk diketahui, anggaran dari pos belanja tidak terduga dalam APBD Lobar 2018 yang bisa dipergunakan untuk tanggap darurat gempa kali ini hanya Rp. 500 juta. “Hanya itu sisanya,” jelas Zainuri dalam Rapat Koordinasi di Posko Utama Tanggap Darurat Bencana Gempa Bumi Lobar di Aula Kantor Camat Lingsar, Selasa malam (7/8).
Legislator asal Desa Selat ini sangat kecewa dengan sikap segelintir petinggi organisasi penghimpun zakat, infaq dan shadaqah, terutama dari kalangan PNS di Lobar.
“Mereka hanya menghimpun dan menyimpannya di Bank. Hanya sedikit yang mereka salurkan,” ujar Zainuri dengan pedas.
Bagi Zainuri, Baznas Lobar tidak selayaknya memungut untuk justru menyimpannya di rekening sampai tembus angka 4 milyar rupiah. Uang tersebut, tambah Zainuri, sangat memiliki arti ketika Lobar mengalami musibah seperti ini.
“Itu uang dari PNS dan masyarakat yang harus disalurkan, bukannya disimpan,” kritiknya pedas sambil meminta agar bupati selaku eksekutif memanggil para pengurus Baznas yang dianggapnya tidak peduli terhadap bencana dan tidak mampu bekerja itu.
Salah seorang pengurus harian Baznas Lobar, Amrul Jihadi yang dihubungi lewat handphone menampik tudingan tersebut.
Ia mengaku sudah mengkoordinsikan hal itu dengan Ketua Baznas Lobar TGH. Mukhlis Ibrahim.
“Beliau sudah memerintahkan kami untuk berkonsultasi dengan Baznas Provinsi,” tuturnya.
Amrul memastikan, hasil konsultasinya akan dikoordinasikan oleh jajarannya ke Sekretaris Daerah Lobar H. Moh. Taufiq esok hari (hari ini, red) di mana mereka akan meminta data dan informasi tentang kebutuhan warga saat tanggap darurat.
“Perlu koordinsi tentang apa kebutuhan pengungsi, di mana titik-titiknya, dan berapa kebutuhannya,” ujarnya.
Sampai berita ini dimuat, Amrul memastikan bahwa Baznas Lobar akan mendonasi sebesar Rp. 1 milyar untuk tanggap bencana di Lobar.
“Kita akan mentransferkannya lewat rekening dan menyerahkannya melalui Pak Sekda hari ini,” pungkas Amrul.

Lorem ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.