Header Ads

ads header

Pemda Beberkan Prioritas Pembangunan Tahun Depan Di Hadapan Dewan

SeputarLombok.com|Lombok Tengah - Memasuki triwulan ketiga pelaksanaan anggaran APBD tahun 2018, Pemda Loteng sudah mulai menyusun KUA-PPAS untuk pembangunan 2019 mendatang.

Melalui sidang paripurna dengan agenda penyampaian rancangan kebijakan umum APBD dan KUA PPAS APBD Kabupaten Loteng 2019, Wabup Loteng, Lalu Pathul Bahri membocorkan prioritas pembangunan kepada para dewan. 

Dalam sidang itu, Pathul menyampaikan jika pembangunan tahun depan memiliki fokus pada penguatan produk lokal untuk pengentasan kemiskinan.

"Tema pembangunan tahun depan adalah memajukan pariwisata untuk peningkatan kesejahteraan dan penguatan nilai tambah produk lokal dalam mewujudkan pertumbuhan ekonomi berkualitas dan penurunan kemiskinan," bebernya.

Tema pembangunan tersebut, lanjut Wabup dijabarkan kedalam lima prioritas pembangunan, yaitu penghayatan dan pengamalan nilai-nilai agama dan kearifan lokal. 

Selain itu untuk peningkatan akses DAN mutu layanan pendidikan kesehatan dan kesejahteraan sosial. Penguatan struktur ekonomi dan pengelolaan sumber daya alam serta peningkatan kualitas infrastruktur kabupaten dan penataan wilayah perkotaan Praya.

"Yang kelima adalah peningkatan kapasitas pemerintah daerah dan pelayanan publik," jelasnya.

Dijelaskan, penetapan tema dan prioritas pembangunan dalam RKPD Kabupaten Lombok Tengah tahun 2019 merupakan upaya penyelesaian capaian target-target pembangunan nasional, provinsi maupun Kabupaten.

Prioritas pembangunan daerah yang telah tersusun ini akan menjadi acuan dan pedoman bagi seluruh Organisasi Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah dalam menjabarkan program dan kegiatan tahun anggaran 2019.

"Dalam upaya pencapaian prioritas pembangunan tahun 2019 secara menyeluruh sejalan dengan prioritas pembangunan nasional dan provinsi tersebut, tentunya tidak akan dapat terlaksana dengan baik apabila tidak dibarengi dengan adanya ketersediaan anggaran yang memadai dan perencanaan penganggaran yang matang," sambungnya.

Sementara terkait target Pendapatan Asli Daerah (PAD), Wabup menyampaikan bahwa target tahun depan mencapai Rp. 1.997.251.932.850.

"Adapun besaran anggaran belanja daerah Kabupaten Lombok Tengah untuk tahun anggaran 2019 sebesar Rp. 1.981.260.132.850" jelasnya.

Wabup juga menyampaikan, berdasarkan rencana pendapatan daerah dan belanja daerah tahun anggaran 2019 sebagaimana yang telah saya sampaikan tersebut, terdapat selisih positif atau surplus anggaran sebesar Rp. 15.991.800.000.

"Surplus anggaran tersebut dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan pengeluaran pembiayaan daerah yaitu pembayaran angsuran pokok utang pada PT. Sarana Multi Infrastruktur," bebernya. (fiq)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.