Header Ads

ads header

Madrasah Yang Diapit Kuburan Ini, Lakukan Hal Ini Demi Tingkatkan Mutu Guru

SeputarLombok.com|Lombok Tengah – Demi meningkatkan kualitas dan mutu guru, khususnya guru mata pelajaran matematika, MIN 2 Lombok Tengah menggandeng UIN Mataram.

Madrasah yang berada di Desa Jelantik dan diapit oleh sejumlah kuburan ini, menerima tawaran dari Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) UIN Mataram untuk menatar sejumlah guru.

Kepala MIN 2 Loteng, Mahruf, M.Pd.I mengungkapkan, disetujuinya tawaran yang diajukan oleh LP2M UIN Mataram ini bukan tanpa sebab. Selain memang sudah ada kerjasama sebelumya dengan UIN Mataram khususnya Jurusan PGMI dan MTK, ada alasan lain yang lebih krusial.

“Kami ingin menghabiskan kegagalan kami agar segera kami dapatkan keberhasilan,” ungkapnya.

Kegagalan yang dimaksud, lanjut dia, adalah tidak adanya peserta dari Lombok Tengah yang mendapat juara pada Kompetensi Sains Madrasah (KSM) beberapa waktu lalu. Hal itu, lanjut dia, menjadi tamparan keras bagi Madrasah di Loteng karena tidak berhasil meraih juara di ajang bergengsi itu.

“Dan saya juga merasa ikut bertanggung jawab terhadap hal itu,” lanjut pria yang juga menjadi Ketua KKM ini.

Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakanmenag) Lombok Tengah, Drs. HM Iskandar dalam sambutannya mengapresiasi langkah yang diambil oleh MIN 2 Loteng dalam meningkatkan mutu guru dan siswa.

Dikatakan, kegiatan ini sangat penting untuk dilaksanakan demi memperbaiki kualitas guru agar kualitas siswa juga menjadi semakin baik.

Dia berharap, kegiatan ini diikuti serius oleh semua peserta agar mendapat manfaat dari ilmu yang ditransfer oleh sejumlah narasumber.

“Karena saya yakin, ada istilah guru ‘nyasar’, yaitu guru yang tidak mengajar sesuai kualifikikasi keilmuannya, ini juga harus mendapat bimbingan,” katanya.

Lebih jauh dikatakan, pihaknya sangat memberi apresiasi kepada Kepala MIN 2 Loteng karena telah melakukan berbagai upaya dan berkontribusi banyak terhadap perkembangan pendidikan madrasah di Lombok Tengah.

“Ini bukan kali pertama beliau (Kepala MIN 2 Loteng-Red) berinovasi seperti ini, ini hanya salah satunya saja, dan saya yakin ini merupakan bentuk tanggung jawab beliau untuk ikut berperan meningkatkan kualitas pendidikan madrasah,” pujinya.

Sementara itu, Ketua Tim Dosen LP2M UIN Mataram, Mulhamah, M.Pd. mengungkapkan terima kasih yang tidak terhingga kepada Kepala MIN 2 Loteng yang telah menerima usulan kerjasama dari pihaknya.

“Ini juga merupakan bentuk pelaksanaan MoU yang telah dibuat oleh UIN Mataram dengan MIN 2 Lombok Tengah dan kami sangat berharap agar kerjasama ini berkelanjutan,” harapnya.

Sebagai informasi, untuk priode perdana ini, jumlah guru yang dilatih dalam kegiatan bertajuk Pembinaan Guru MI Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran MTK ini berjumlah 30 orang. (fiq)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.