Header Ads

ads header

Loteng Beri Perhatian Khusus Bagi ABK

Foto: HumasPro Setda Loteng
SeputarLombok.com|Lombok Tengah – Keberadaan Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) mendapat perhatian khusus dari Pemerintah Daerah Loteng.

Bahkan, Pemkab Loteng memberi prioritas dalam perkembangan dunia pendidikan khususnya program pendidikan inklusi. Hal ini diperkuat sejak adanya pencanangan Loteng menjadi kabupaten inklusi pada 2012 lalu.

Sekda Loteng, HM Nursiah menyampaikan, pencanangan ini menjadi salah satu spirit serta amunisi bagi Pemkab untuk memperhatikan pendidikan inklusi.

“Untuk pendidikan inklusi pada dasarnya merujuk serta berpedoman pada Pasal 31 UUD 1945. Dimana setiap warga negara berhak mendapatkan pendidikan,” tegas Sekda.

Karenanya, selaku pribadi terlebih mewakili pemerintah daerah, pihaknya bakal berupaya senantiasa memperhatikan perkembangan pendidikan bagi ABK.

Untuk membangun gedung serta sarana pendidikan sendiri bisa dikatakan mudah. Yang sulit, khususnya bagi untuk guru yakni menyampaikan edukasi secara baik kepada siswa yang mempunyai kebutuhan khusus. Sebab, di sana dituntut memiliki keahlian serta kesabaran yang tinggi.

“Selain itu, guru harus berhadapan dengan mental siswa yang tidak biasa jika dibanding anak normal lainnya,” ujarnya.

Wakil Bupati Loteng, L Pathul bahri menyampaikan, kelanjutan pendidikan, terutama untuk program inklusi di Lombok Tengah semua stakholder yang ada harus berpikir dan memperhatikan pendidikan inklusi.

Hal ini bisa ditunjukkan dengan bersama-sama membangun sinergitas untuk memikirkan anggaran agar pendidikan inklusi terus berkelanjutan.

“Berbicara masalah pendidikan, baik pusat dan daerah tetap berupaya memberikan perhatian serius. Terlebih untuk Lombok Tengah pada 2019 bakal mulai dengan anggaran Rp 85 miliar untuk dunia pendidikan. Semua itu untuk peningkatan SDM serta membangun Loteng, terutama di bidang pendidikan,” pungkasnya. (fiq)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.