Header Ads

ads header

Kembali, Pemda Lobar Berikan Bantuan Ke Korban Banjir ROB Taman Ayu


Seputarlombok.com | Lombok Barat – Pemerintah Kabupaten Lombok Barat (Kab. Lobar) kembali menyalurkan bantuan beras sebanyak 700 kg kepada warga pesisir Pantai Endok Desa Taman Ayu Kecamatan Gerung. Jumat, (27/7).

Sebelumnya, Rabu (25/7) lalu gelombang pasang menerjang pemukiman warga hingga sejauh 1 kilometer dan merusak berbagai fasilitas umum dan fasilitas pribadi milik warga.

Penyerahan bantuan diserahkan langsung oleh  Kepala Dinas Ketahanan Pangan Lobar Abdul Manan didampingi Kepala Dinas Sosial Hj. Ambaryati, Camat Gerung H. Mulyadi serta perwakilan BPBD dan Kesbangpolinmas.

Bantuan beras serta telur ini diberikan kepada  kepada 115 KK yang bermukim di pesisir pantai dan terkena dampak Banjir Rob atau Gelombang Pasang. Sebelumnya Pemkab Lobar juga telah menyalurkan bantuan mie instan serta peralatan memasak.

Abdul Manan mengatakan, sesaat setelah kejadian abrasi melanda tiimnya segera melakukan pendataan terhadap korban yang terkena abrasi. Dari data yang didapat sebanyj 31 KK yang terkena langsung banjir rob tersebut dan terpaksa diungsikan ke SDN 4 Taman Ayu. Dari data yang ada pula terdapat 115 KK yang terganggu mata pencahariannya akibat kejadian ini.

“Bantauan ini kita berikan untuk stok 3 hari kedepan. Seandainya setelah 3 hari kedepan masih dirasa kurang, akan kita salurkan kembali. Bantuan yang diberikan ini bersumber dari stok cadangan pangan yang ada di Lobar,” terangnya.

Kesigapan bencana juga ditunjukkan Tim Tagana Dinas Sosial Lobar dan BPBD. Hal ini ditunjukkan dengan dilakukannya patrol setiap malamnya ke wilayah kejadian bencana. Mereka juga sudah membuat posko  penanggulangan bencana.

“Gelombang pasang yang melanda Kab Lobar  terjadi di 3 tempat yakni Pantai Kuranji, Pantai Cemare dan yang terparah melanda Pantai Enduk. Patroli dilakukan pada malam hari menginggat kejadian gelombang pasang biasanya terjadi pada tengah malam hingga pagi hari,” jelas Tohri dari bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD.

Rasa bersyukur diungkapkan Lalu Imran selaku Kadus Taman Ayu. Diungkapkanya, Pemkab Lobar selau tanggap terhadap yang dialami masyarakatnya.

"Bantuan beras dan bantuan lainnya ini sangat membantu selama kami libur melaut," ungkapnya.(rd)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.