Header Ads

ads header

Eksplore Wisata Bilebante, Pemkab Janji Fasilitasi Pengembangan

Istimewa
SeputarLombok.com | Lombok Tengah – Jajaran ASN Pemkab Lombok Tengah (Loteng) mengeksplore sejumlah kawasan wisata baru di Lombok Tengah. Hal itu tidak lain untuk mewujudkan visi dan misi Loteng yang sudah tertuang dalam RPJMD.

Salah satunya dengan menyelenggarakan kegiatan rutin olahraga ataupun jalan santai setiap hari Jumat bersama Bupati. Seperti Jumat (27/7). Kegiatan dipusatkan di kawasan wisata baru yang terletak di Desa Bilebante Kecamatan Pringgarata. 

Setelah melaksanakan jalan santai, semua peserta kemudian diajak untuk menikmati keindahan dan pelayanan di pasar pancingan yang ada di desa tersebut.

Bupati Loteng, HM Suhaili FT menyampaikan, guna mengembangkan wisata di wilayah setempat, pihaknya berjanji bakal memfasilitasi berbagai kekurangan. Mengingat, lanjut dia, wisata pancingan itu sudah mampu mendatangkan para wisatawan tidak hanya dari dalam negeri, namun hingga wisatawan mancanegara sehingga berdampak kepada pertumbuhan ekonomi warga.

“Berbicara pariwisata maka tidak melulu kita berbicara pantai. Akan tetapi, berbagai potensi dan kerarifan lokal yang ada di masing- masing desa harus juga kita kembangkan, ini sebagai pendukung proyek strategis nasional yang berada di KEK Mandalika, makanya kita dari Pemda mendukung penuh dan akan memfasilitasi kekurangan yang ada,” ungkap Suhaili di lokasi kegiatan.

Suhaili menambahkan, keberadaan desa wisata di Bilebante merupakan sebuah potensi yang harus terus dipacu  untuk dibangun. Di sisi lain, melihat animo masyarakat untuk memulai secara mandiri dengan mengembangkan potensi yang ada di desa tersebut mesti diapresiasi. 

“Selaku fasilitator kita harus bisa memfasilitasi guna mendorong tumbuh kembangnya aniomo masyarakat untuk membangun diri, keluarga hingga daerahnya,”ajaknya.

Ia mencontohkan, jika pengelola wisata ini membutuhkan adanya infrastruktur yang mendukung di sektor agro hingga lintasan sepeda di jalur pemandangan pedesaan, maka hal itu perlu disuport. 

“Kedepan juga harus ada homestay. Karena ada diantara pengunjung yang ingin menikmati keindahan alam sampai puas, terlebih potensi air juga sangat bagus,”tambahnya..

Ia juga berharap ada desa-desa seperti Desa Bilebante ini, dimana masyarakatnya sendiri sangat semangat dalam mengembangkan berbagai potensi yang ada. Karena memang jika benar- benar serius dalam mengembangkan pariwisata, asalkan ada kemauan maka tidak perlu mengeluarkan anggaran yang begitu besar, seperti yang ada di Bilebante itu. 

Karena kesederhanaan cara pengemasan itulah. Kemudian, para wisatawan menjadi tertarik untuk bisa berkunjung ke wilayah itu.

“Ada desa Bungkate yang terkenal dengan ayam, kenapa tidak itu dijadikan sebagai daya tarik wisatawan. Begitu juga sepakek yang memiliki sapi, ada Desa macam- macam yang memiliki banyak potensi. Sehingga, sampai dengan saat ini setidaknya ada 58  Desa yang memiliki pariwisata yang sudah terkenal,” pungkasnya. (fiq)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.