Header Ads

ads header

Peduli Gempa, Bupati Fauzan Kirim Tim Bantuan Tenaga Medis dan Logistik


Seputarlombok.com | Lombok Barat - Bencana gempa 6,4 skala richter yang mengguncang pulau Lombok Ahad pagi (29/07) telah mengakibatkan paling sedikit 10 korban meninggal, ratusan korban luka, serta harus mengungsi akibat tempat tinggal mereka porak poranda atau rusak. 

Kondisi tersebut telah membuat Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Zainul Majdi menetapkan 3 hari ke depan sebagai tanggap darurat untuk seluruh wilayah yang terdampak paling berat dari gempa tersebut, terutama di Kabupaten Lombok Utara (KLU) maupun Kabupaten Lombok Timur (Lotim).

Merespons hal tersebut, Pemerintah Kabupaten Lombok Barat (Lobar) menunjukkan simpati dan prihatinnya dengan ikut serta berpartisipasi dalam tanggap darurat tersebut. 

Hal itu ditunjukkan oleh Bupati Lobar, H. Fauzan Khalid yang secara resmi melepas Tim Bantuan dari Tenaga Medis dan Paramedis yang juga membawa bantuan logistik kepada para korban di KLU dan Lotim. Pelepasan Tim itu dilaksanakan di Halaman Kantor Dinas Kesehatan Lobar,  Minggu (29/07).

Fauzan menyatakan bahwa bantuan tersebut adalah bentuk solidaritas dan juga aksi tanggap darurat bencana Pemkab. Lobar kepada korban gempa bumi yang dirasakan sampai Pulau Bali dan Pulau Sumbawa. 

"Pemkab. Lobar tidak hanya  menyalurkan bantuan yang dikirim hari ini saja, namun mudah-mudahan akan menyalurkan bantuan lanjutan," ujar Fauzan.  Untuk itu, ia meminta agar hal tersebut segera dikoordinasikan Dinas Kesehatan dengan lintas Organisasi Perangkat Daerah di gumi Patut Patuh Patju ini. 

Dikesempatan yang sama, Bupati yang memenangkan Pilkada 27 Juni lalu itu memberikan arahan kepada tenaga medis dan paramedis yang akan dikirim agar juga bisa menjaga kesehatannya juga sehingga bisa memberikan pelayanan kesehatan dengan baik dan maksimal kepada para korban di Kecamatan Bayan (KLU) dan Sambelia (Lotim) yang merupakan daerah terdampak paling parah. 

Kepala Dinas Kesehatan Lobar, H. Rahman Sahnan Putra yang mendampingi Fauzan merinci bentuk bantuan logistik yang akan dibawa tim adalah berupa obat-obatan, Barang Habis Pakai (BHP), Mie Instan, Air Mineral, dan beberapa jenis lainnya.

Barang-barang tersebut dibawa oleh Tim yang dipimpin oleh Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan, dokter Ahmad Taufik Fathoni itu terbagi menjadi dua kelompok. Masing-masing kelompok terdiri atas 2 orang tenaga dokter,  6 orang perawat dan 3 orang tenaga kesehatan lainnya sehingga total berjumlah 4 dokter, 12 perawat, dan 6 orang tenaga medis lainnya. Kekuatan tersebut pun didukung penuh oleh 20 orang relawan dari Palang Merah Indonesia (PMI) Lobar.

Di tempat terpisah, Dinas Sosial Lobar pun melakukan hal yang sama. Bertempat di Halaman Kantor Dinas Sosial, Kepala Dinas Sosial, drg. Hj. NM. Ambarwati melepas 15 orang personil Tim Siaga Bencana (Tagana) beserta bantuan lainnya untuk dikirim ke lokasi bencana, tepatnya di Sembalun Lotim.(rd).

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.