Senin, 21 Mei 2018

Harkitnas ke 110, Pemerintah Prioritaskan Peningkatan SDM

SeputarLombok.com | Lombok Tengah – Pemkab Lombok Tengah melaksanakan upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke 110. Upacara itu dilasksanakan di Halaman Kantor Bupati Lombok Tengah pada Senin (21/5).

Plt Bupati Lombok Tengah, Lalu Pathul Bahri, S.Ip yang bertindak sebagai inspektur upacara membacakan amanah Menteri Kominfo RI.

Dalam amanah itu, terungkap bahwa isi nawacita ke-V sebagai program Presiden Jokowidodo menjadi inti penekanan di hari Kebangkitan Nasional ke 110 kali ini.

Pathul menyampaikan, peringatan hari kebangkitan tidak saja sebagai seremonial saja, melainkan memiliki tujuan khusus yaitu semangat dan cita-cita bersama serta persatuan.

“Semangat dan cita-cita bersama serta bersatu adalah tujuan kebangkitan nasional dan ini dilakukan oleh Budi Utomo,” ungkap Pathul membacakan amanah Menteri.

Lebih jauh dikatakan, cara perjuangan melalui organisasi adalah bentuk perjuangan bangsa saat itu.

“Di mana dengan menghidupakn rasa nasionalisme bangsa sehingga Indoensia menjadi bagian dari negara-negara yang sedang berjuang mempertahankan harkat dan martabat,” sambungnya.

Yang menjadi perhatian dan harus dilaksanakan bersama adalah Program Nawacita Presiden Jokowidodo, khususnya butir ke lima yang  berisi visi untuk meningkatkan kualitas hidup manusia Indonesia melalui peningkatan kualitas pendidikan dan pelatihan.

“Pada awal tahun ini, visi tersebut mendapat penekanan lebih melalui amanat presiden,” jelasnya.

Amanat yang dimaksud antara lain, pemerintah akan meningkatkan pembangunan SDM pada tahun 2019, melanjutkan percepatan pembangunan infrastruktur yang menjadi fokus pada tahun-tahun sebelumnya.

Melalui pembangunan manusia yang terampil dan terdidik, pemerintah ingin meningkatkan daya saing ekonomi dan secara simultan meningkatkan kapasitas SDM.

“Pembangunan kapasitas SDM juga harus diletakkan dalam konteks pemerataan dalam pengertian kewilayahan, agar bangsa ini bangkit secara bersama-sama dalam kerangka kebangsaan Indonesia,” tandasnya. (fiq)

Lorem ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.