Header Ads

ads header

Pimpinan Dewan Dorong Prioritaskan Infrastruktur Jalan

Wakil Ketua Komisi III DPRD Lobar H.Nursaid

SeputarLombok.com | Lombok Barat - Sebagai Lembaga Legislatif DPRD, peran dan fungsinya diatur dalam ketentuan undang undang yang mempunyai peran penting sekaligus berwenang dalam melakukan pengawasan di bidang pembangunan khususnya di bidang Infrastruktur jalan.


Wakil Ketua III DPRD Lombok Barat H.Nursaid mengatakan, secara umum kondisi infrastruktur yang ada di Kabupaten Lombok Barat masuk dalam kategori maju dan meningkat. Meski demikian masih banyak kondisi jalan yang terlupa dengan butuh perhatian bersama. Untuk itu, pemenuhan infrastruktur pembangunan jalan masih banyak yang harus dirawat, direnof dan direvitalisasi.



“Kebutuhan infrastruktur jalan masih kurang dan harus dikembangkan lagi, sehingga dibutuhkan upaya agar kesempatan-kesempatan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi, akan mengalami pelambatan,” Ujarnya.

Ia mencontohkan, peningkatan status jalan Nasional, jalan Kabupaten, jalan Desa dan jalan Poros desa di Lobar harus diakui peningkatan di berbagai kecamatan yang ada.

Kemudian, infrastruktur jalan ini juga banyak yang menuai keluhan. Seperti diketahui, jalan Kabupaten yang ada di Desa Kuripan Timur mengalami kerusakan, dan itu parah. itu sebabnya pemerintah harus bersama sama memprioritaskan kebutuhan jalan agar ada perbaikan demi kemaslahatan masyarakat pada umumnya.

"Masih ada jalan rusak di beberapa titik, ini harus bisa diperhatikan, seperti di Kuripan, di Sekotong dan daerah terpencil lainnya agar bisa ada pemenuhan jalan yang bagus," tekannya.

Pemerintah, lanjut dia, bersama DPRD, sudah mengupayakan sejumlah langkah. Diantaranya pengembangan infrastruktur jalan di sepuluh Kecamatan yang ada di Lobar. Namun, pemerintah maupun DPRD sudah harus konsisten dalam pembangunan infrastruktur di Lobar  dibutuhkan integrasi.

"Pemerintah dan DPRD memegang peranan penting dalam pembangunan dan pertumbuhan ekonomi di daerah," ujarnya.

Sisi lain dari peran kita sebagai Komisi yang menangani bidang infrastruktur diakuinya, masih terdapat kekurangan mengenai tidak transparansinya terhadap  permintaan laporan setiap tahunnya dan itu belum ada. Kita ingin mengetahui darimana pembangunannya dan dimana lokasi tempat pembangunannya sering tidak ditunjukan laporan tersebut.

"Kami agak kesulitan soal itu, padahal fungsi dan tugas dikomisi lll ini selaku pengawasan mestinya diperlihatkan laporan itu," ungkapnya.

Misalnya di Dinas PUPR, untuk meminta laporan pembahasan pelaksanaan kegiatan pembangunan saja, sampai hari ini tidak dikasih kesempatan, padahal seharusnya dalam setiap tri Wulan ya kita harus dapatkan itu.

“Terbatas sekali transparansinya  terhadap soal ini. Yang jelas fungsi kami di DPR sebagai pengawas, progres dan realisasinya perlu kita ketahui,” Terangnya.

Untuk menuju Lobar yang bangkit mandiri dan sejahtera, di era global ini, peran lembaga legislasi yang membawahi masyarakat, sudah barang tentu ingin mewujudkan aspirasi masyarakat dari segala aspek. Dengan semakin bertambahnya usia Lobar sekarang ini, sangat penting bagi DPRD, untuk mengembangkan dan meningkatkan daerah yang membangun. “Sukses Lobar ku, maju lobar ku dan jaya lobar ku, selamat ulang tahun yang ke 60,” tutupnya. (Rd)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.